10 Bahan Tas Ransel yang Bagus & Tahan Lama

10 Bahan Tas Ransel yang Bagus & Tahan Lama

Bahan tas ransel yang bagus ada beragam mulai dari parasut hingga kulit sintetis. Temukan kelebihan masing-masing bahan tersebut serta teksturnya disini!

10 Bahan Tas Ransel yang Bagus & Tahan Lama

Bahan tas ransel yang bagus akan nyaman kamu gunakan apalagi saat membawa banyak barang. Tas backpack kuat biasa digunakan untuk bersekolah, naik gunung maupun traveling.

Ransel memiliki kompartemen yang besar serta umumnya mempunyai banyak saku. Keunggulan lainnya dari tas ransel ini adalah baik untuk kesehatan sebab berat tas didistribusikan ke kedua sisi bahu.

Beban yang didistribusikan secara merata akan membantu tubuh berjalan tegap. Ransel tidak mengganggu postur tubuhmu ketika berjalan. Penampilan juga terlihat fashionable dengan beragam model. Adapun bahan tas ransel yang berkualitas bisa kamu simak sebagai berikut:

1. Cordura


Bahan tas kain cordura memiliki keunggulan bertekstur kasar dan bobotnya cenderung ringan. Bahannya lumayan tebal sehingga jika kamu gunakan sebagai bahan tas tidak akan mudah sobek saat memuat banyak barang.

Ciri khas dari kain Cordura adalah sifatnya yang mudah panas. Jika kamu tinggal di kawasan dingin maka tas ransel dari bahan ini akan sangat direkomendasikan. Cordura sendiri terbagi atas tiga jenis yakni standar, nylon dan 1000.

Perbedaan ketiganya adalah cordura nylon sedikit mengkilap dan lumayan licin. Cordura 1000 tebal dan tergolong kelas premium. Sementara cordura standar yang paling rendah grade-nya daripada dua jenis Cordura lainnya.

2. Kanvas

Bahan tas kanvas mempunyai serat yang kuat dan tebal. Inilah mengapa selain sebagai bahan tas ransel, kanvas juga menjadi material tenda hingga layar kapal. Tas ransel dari kanvas mampu membawa beban 4-5 kg.

Perawatan tas kanvas ialah dengan mengeringkannya di ruangan yang sejuk. Jangan terlalu lama menjemurnya agar warna tidak lekas memudar. Kanvas bisa menggunakan lapisan lilin tipis yang berfungsi meningkatkan durabilitasnya.

Umumnya kain kanvas dibuat dengan melalui proses anyaman yang cukup sederhana. Kekuatan anyaman inilah yang menjadi kunci tas ransel bisa bertahan lama.

3. Poliester


Polyester terkenal dalam dunia mode sebagai bahan pakaian dan celana. Kini bahan ini juga berfungsi sebagai material utama tas ransel. Dalam pembuatan poliester menggunakan kombinasi senyawa kimia seperti PET hingga etilen glikol.

Bahannya tidak mudah kusut walaupun berkali-kali kamu remas. Bobotnya ringan namun serat sangat kuat. Polyester juga mudah kamu warnai dengan beragam warna.

Keunggulan lainnya adalah bentuk kain tidak mudah berubah. Tas ransel dari poliester walau kamu tekuk atau simpan dengan cara melipatnya akan kembali ke bentuk semula.

4. Taslan


Taslan merupakan kain dari benang sintetis bertekstur mirip nilon. Kain ini menggunakan nanoteknologi sehingga mampu menyerap keringat. Kelebihannya adalah harganya yang jauh lebih murah.

Saat cuaca dingin, tas ransel taslan bisa memberikan kehangatan. Permukaannya terkenal lembut dan nyaman ketika kamu pegang. Daya serapnya lumayan tinggi dan mampu memberikan perlindungan terhadap minyak.

Tak heran jika taslan juga berfungsi sebagai bahan tas wanita yang bagus seperti model clutch. Jenis kainnya ada dua yakni balon dengan coating balon di bagian dalam serta milky berwarna putih susu.

5. Parasut

Bahan tas anti air ini memiliki beragam jenis mulai dari metalik, glossy hingga tangle. Selain bisa kamu gunakan sebagai tas ransel, parasut juga bisa menjadi cover mobil. Walaupun parasut jarang kamu cuci warnanya tidak akan memudar.

Saat kamu pegang atau gosok akan menimbulkan suara seperti plastik. Durabilitasnya tinggi dengan ketebalan yang tipis. Untuk perawatannya cukup memakai sabun dan air hangat saja.

Kamu bisa mengucek tas ransel dan bila ada noda membandel cukup gosok dengan sikat berbulu lembut. Keunggulan lainnya adalah water resistant sehingga cocok untuk kegiatan outdoor.

6. Dolby


Kain dolby memiliki motif geometris hingga abstrak. Permukaan kainnya tidak rata sehingga motif cenderung timbul. Dolby pertama kali muncul pada 1840 dengan hasil tenunan dari tangan.

Tak heran bila kainnya sendiri bernilai tinggi dan tergolong istimewa. Sampai saat ini untuk membuat kain dolby perlu mesin tenun khusus. Kainnya juga sering dikombinasikan dengan katun.

Pemanfaatan kain dolby kebanyakan untuk pakaian namun ada pula yang menjadi tas ransel. Tampilan tas unik dan atraktif apalagi dengan motifnya yang terkesan eksklusif.

7. Ripstop


Bahan tas yang bagus dan kuat selanjutnya adalah kain ripstop. Karakteristik kain ini adalah seratnya yang rapat. Tak heran jika selain kuat, ripstop juga mampu menahan air dengan baik. Teksturnya lembut dan sering menjadi material perlengkapan sekolah.

Kekuatan kain ripstop dapat kamu lihat bila terjadi robekan. Pada kain biasa sobekan sedikit saja akan mudah melebar namun hal ini tidak terjadi pada kain ripstop.

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Kain ripstop merupakan perpaduan nilon dan tenun. Pola seratnya membentuk pola garis dari hexagon, kotak hingga diamond. Ini membuat serat kain memiliki struktur 3 dimensi.

Beberapa jenis kain ripstop juga menjadi tas ransel militer misalnya ripstop poplin. Selain itu harganya lebih terjangkau dan mudah tersedia di pasaran.

8. Mika


Mika memiliki ciri kain yang transparan sehingga isi tas bisa terlihat jelas dari luar. Meskipun begitu kainnya sangat tebal daripada bahan kain di atas. Selain berfungsi sebagai tas ransel, kain mika juga diolah menjadi dompet.

Kebanyakan desainer mode memakai mika untuk menampilkan kesan modist pada tas. Pengguna tas ini pasti mendapatkan perhatian dari orang sekitarnya karena tas ransel mika unik dan eye catching.

9. Kulit Sintetis

Kulit sintetik memiliki harga yang lebih terjangkau daripada kulit asli. Sekilas tampilannya sangat mirip dengan kulit asri. Perbedaanya pada aroma anyir yang kuat daripada kulit aslinya.

Teksturnya lebih halus dan mudah kamu bersihkan dari kotoran. Kulit sintetis mudah kamu bentuk menjadi beragam model dan variasi ukuran tas.  Bahannya juga sangat kuat dan tahan lama sama seperti kulit aslinya.

Warna kain kulit sintetis beragam tidak hanya coklat namun hadir dalam berbagai variasi warna terang. Cocok untuk berbagai jenis tas tidak hanya ransel namun tas jinjing.

10. Dinir


Tas ransel dinier terkenal akan bahannya yang lembut dan fleksibel. Bagian atasnya memiliki lapisan anti air sehingga air tidak merembes hingga ke dalam tas. Jenis bahan dinir yang paling populer adalah 300D, 1682D, 1000D, 600D, 1680D dan masih banyak lagi lainnya.

Perbedaan dari tiap jenis dinir adalah tingkat kelenturan dan tekstur bahannya. Kelenturan dan kehalusan bahan ini membuat ransel akan terasa ringan dan makin kuat saat memuat banyak barang.

Untuk produksi tas ransel dengan berbagai bahan kain bisa andalkan CV Oscas. Oscas merupakan pabrik tas Bandung yang berdiri sejak 2015. Keunggulan kami adalah terdukung tenaga kerja profesional dan berpengalaman.

Kami juga menyediakan layanan pelanggan 24 jam penuh untuk konsultasi. Dalam produksi tasnya Oscas menggunakan SOP dengan quality control ketat. Jika kamu ingin membuat berbagai model tas cukup kunjungi oscas.id.

Bahan tas ransel yang bagus dan tahan lama bisa Oscas sediakan tepat waktu. Jaminan mutu dan hasil produksi sesuai pesanan.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini