Bahan Tas PU Leather: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan Tas PU Leather: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi penggemar tas kulit, kenali bahan tas pu leather sebagai alternatif kulit asli. kenali kelebihan maupun kekurangan di sini.

Bahan Tas PU Leather: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan tas PU Leather memang bukan terbuat dari kulit yang berasal dari hewan dan lebih terkenal dengan sebutan “kulit imitasi”. Sehingga bagi yang suka dengan barang mewah, tas dengan bahan ini terdengar kurang berkelas.

Namun jangan salah, tidak sedikit merek-merek tas terkenal yang menggunakan bahan PU Leather. Karena dengan perkembangan teknologi manufaktur saat ini, kualitas bahan ini telah semakin baik. Dengan demikian tas dengan bahan tersebut juga tidak kalah kualitasnya dari yang berbahan kulit asli.

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Apa saja keunggulannya dan apa kekurangan dari tas yang terbuat dari bahan PU Leather, berikut ini ulasan singkat mengenai hal tersebut.

Apa Itu Bahan PU Leather ?

Bahan PU Leather adalah kulit sintetis yang terbuat dari polyurethane, yaitu jenis plastik yang teksturnya menyerupai kulit. Pada umumnya, untuk menghasilkan PU Leather, polyurethane  dikombinasikan dengan serat polyester atau serat sintetis lain.

Karena bahan maupun pembuatannya menggunakan bahan dan proses kimia, PU Leather sering berbau seperti plastik. Namun karakternya yang lebih elastis dan ringan dari kulit asli, membuat lebih mudah untuk mengolah dan membentuknya daripada bahan kulit asli.

Sehingga dengan berbagai karakteristiknya tadi, pada umumnya tas yang terbuat dari bahan PU Leather lebih banyak memiliki variasi warna maupun bentuk. Daripada tas yang terbuat dari kulit asli yang kebanyakan berwarna coklat atau warna gelap.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan PU Leather

Dalam pandangan umum tas maupun produk lain dari kulit menampilkan kesan mewah. Sehingga dengan menggunakan tas kulit penggunanya akan terkesan memiliki kelas tersendiri.

Sebagai salah satu bahan sintetis, PU Leather, memiliki tampilan yang serupa dengan kulit asli. Secara sekilas sulit membedakannya dengan produk yang terbuat dari kulit asli. Sehingga bahan ini dapat menggantikan kulit sebagai bahan untuk membuat tas mewah.

Namun demikian tas dengan bahan ini tetap memiliki plus-minus daripada bahan lain. Berikut ini beberapa kelebihan maupun kekurangan dari tas berbahan PU Leather, yang dapat menjadi pertimbangan sebelum membelinya.

Kelebihan Tas Dari Bahan PU Leather


Selain memiliki tampilan yang serupa dengan kulit asli, tas berbahan PU Leather memiliki keunggulan tersendiri. Berikut ini beberapa keunggulan tas dengan bahan sintetis PU Leather.

1. Harganya Lebih Terjangkau


Salah satu keunggulan utama dari tas dengan bahan PU Leather adalah harganya lebih murah daripada yang berbahan kulit asli. Hal ini karena harga bahan PU Leather lebih murah daripada bahan kulit asli yang proses pengolahan maupun pembuatannya lebih lama.

2. Lebih Mudah Perawatannya


Tidak seperti bahan kulit asli yang memerlukan perlakuan khusus dan rawan terkena jamur jika kurang hati-hati dalam penyimpanannya. Tas dengan bahan PU Leather tidak terlalu sulit perawatannya.

Cukup membersihkannya dengan lap basah, penampilan tas pu leather akan kembali berkilat dan bersih kembali. Selain itu bahan sintetis ini lebih kuat terhadap jamur.

3. Lebih Ringan dan Elastis


Material PU Leather pada umumnya lebih tipis daripada bahan yang terbuat dari kulit asli. Dengan demikian, tas yang terbuat dari bahan kulit sintetis ini bobotnya lebih ringan dari pada yang terbuat dari kulit asli.

Selain itu bahan sintetis ini lebih elastis, sehingga tidak mudah patah apabila tertekuk.

4. Lebih Banyak Pilihan Variasinya


Bahan sintetis pada umumnya memiliki variasi warna yang lebih banyak daripada bahan alami. Demikian juga dengan tas berbahan PU Leather, banyak tersedia pilihan warna-warna yang memberikan kesan trendy atau dinamis.

Kekurangan Tas Berbahan PU Leather


Selain memiliki kelebihan tas dari bahan PU Leather juga memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan bahan lain. Berikut ini kekurangan - kekurangan tas yang terbuat dari bahan sintetis jenis ini.

1. Daya Tahannya Kurang


Daya tahan tas berbahan PU Leather tidak sekuat tas dengan bahan kulit asli. Dengan pemakaian maupun perawatan normal, usia pakai bahan tas jenis ini lebih singkat.

Biasanya setelah pemakaian dalam waktu tertentu (tergantung kualitas bahan), permukaan kulit pada tas akan mulai retak dan terkelupas. Jika pemakaiannya kurang hati-hati, permukaannya PU Leather lebih mudah tergores dan sobek daripada kulit asli.

2. Lebih Panas


Tidak seperti bahan organik, PU Leather memiliki pori-pori yang lebih rapat, yang membuat sirkulasi udara menjadi lebih sulit. Akibatnya, tas dengan bahan ini akan lebih panas daripada yang terbuat dari bahan kulit asli.

Sehingga tas dari bahan PU Leather, kurang cocok untuk menyimpan barang yang tidak kuat panas. Terutama pada saat melakukan aktivitas di luar ruangan pada daerah yang berhawa panas.

3. Kurang Ramah Lingkungan


Dari segi lingkungan hidup, pembuatan bahan PU Leather melalui proses kimia dengan limbah yang dapat merusak lingkungan. Terkait dengan kesadaran pelestarian lingkungan, banyak orang menganggap penggunaan bahan ini kurang ramah lingkungan.

Penutup


Terlepas dari kekurangannya, bahan tas PU Leather memang terlihat lebih menyerupai kulit asli. Dari sisi ekonomis, harga bahan PU Leather lebih murah daripada kulit asli. 

Dengan demikian hal tersebut dapat menjadi pertimbangan tersendiri untuk memilihnya. Dapatkan bahan tas PU Leather yang berkualitas tinggi hanya di Oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini