Yuk, Kenali Favoritnya Bahan Tas Wanita: Bahan Tas Croco

Yuk, Kenali Favoritnya Bahan Tas Wanita: Bahan Tas Croco

Bahan tas croco merupakan bahan favorit dalam pembuatan tas wanita, mengapa dan bagaimana karakteristiknya? Simak ulasannya selengkapnya.

Yuk, Kenali Favoritnya Bahan Tas Wanita: Bahan Tas Croco

Ada beragam jenis material yang populer di kalangan pelaku industri pembuatan tas. Salah satunya adalah bahan tas croco. Bahan yang satu ini bahkan menjadi bahan favorit untuk tas khususnya tas wanita. Penasaran mengapa? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Di bawah ini kamu akan mendapatkan informasi seputar:

Apa itu bahan tas croco


Apa saja karakteristik bahan tas croco, dan
Mengapa mereka memilih bahan tas croco
Apa itu Bahan Tas Croco?

Apa yang dimaksud dengan bahan croco? Material yang satu ini merupakan satu dari sekian banyak bahan pembuatan tas yang, sesuai namanya, memiliki motif atau tampilan seperti sisik kulit buaya. 

Bahan croco adalah bahan yang tidak asing terdengar dalam industri manufaktur tas. Fabrics ini memiliki banyak peminat global. Lebih spesifiknya, bahan yang mereka minati adalah kulit buaya asli. Sayangnya, permintaan pasar begitu tinggi sedangkan keberadaan buaya semakin terancam punah dari hari ke hari.

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Oleh sebab itu, para pelaku industri pembuatan tas mencari solusi lain, yakni menggantikannya dengan PVC, kulit sintetis/PU faux leather, microfiber, dan sebagainya.

Meskipun bukan kulit buaya asli, bahan croco sintetis memiliki tampilan motif dan tekstur yang mirip dengan aslinya. Bahkan, kamu bisa memilih bahan dengan finishing beragam mulai dari bahan croco glossy hingga matte.

Apa Saja Karakteristik Bahan Tas Croco?

Setelah sedikit banyak tahu mengenai pengertian bahan croco, lebih afdal jika kamu  juga tahu karakteristik dari bahan tersebut. Apa sajakah itu? Karakteristik bahan yang satu ini bisa kamu ketahui melalui beberapa aspek berikut:

1. Dari Segi Motif

Karakteristik bahan croco yang paling mencolok bisa kita lihat dari segi motifnya. Motif yang dimaksud berupa sisik tidak teratur seperti yang ada pada tubuh buaya. Motif inilah yang bagi banyak kalangan tampak unik dan eksotis dibandingkan motif bahan lainnya.

Lalu, bagaimana kita bisa membedakan motif kulit buaya asli dan palsu? Apabila kamu perhatikan dengan seksama, pada motif yang asli terdapat sisik bulat atau bujur sangkar yang tidak beraturan. Sedangkan, motif pada croco sintetis misalnya, garis-garis yang diciptakan lebih tidak beraturan.

2. Dari Segi Tekstur


Dari segi tekstur, bahan croco memiliki tekstur halus saat tersentuh kulit. Bahan ini juga cukup nyaman meskipun berkali-kali bergesekan dengan kulit. Namun, bahan kulit buaya asli membutuhkan perawatan khusus dan seksama agar awet kamu gunakan dalam jangka waktu lama.

Untuk bahan croco dari PVC memiliki tekstur yang halus dan agak licin. Bahan ini sangat cocok sebagai material pembuatan tas.

3. Dari Segi Harga


Ada pendapat yang mengemukakan bahwa setiap motif asli kulit buaya satu dengan lainnya belum tentu sama. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu faktor mengapa kulit buaya asli begitu mahal.

Sementara itu, bahan croco yang terbuat dari kulit sapi atau sejenisnya cenderung memiliki patokan harga yang jauh lebih terjangkau per meternya. Oleh sebab itulah, banyak kalangan industri memanfaatkan croco sintetis untuk memenuhi permintaan pasar.

Mengapa Memilih Bahan Tas Croco?

Inilah beberapa alasan yang menjadikan bahan croco populer dalam industri pembuatan tas. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Dinamis dengan Tren Mode dari Waktu ke Waktu

Bahan croco merupakan salah satu bahan yang banyak dicari di pasaran. Di negara dengan perkembangan mode yang pesat seperti Italia dan Perancis, bahan ini tidak pernah ketinggalan zaman untuk mereka terapkan pada produk fashion mereka.

2. Keeksotisan Motifnya

Bahan croco memiliki motif yang eksotis dan unik sehingga akan menambah nilai estetis suatu produk. Itulah mengapa banyak produsen mode yang menggunakan bahan ini dalam pembuatan produknya.

3. Fleksibilitas Penggunaannya Dalam Industri

Bahan bermotif kulit buaya merupakan material serba guna. Para pelaku industri tidak hanya menggunakannya untuk menghasilkan produk tas saja, melainkan juga berbagai produk lainnya seperti ikat pinggang, dompet, topi, sepatu, dan sebagainya.

4. Tersedia Dalam Berbagai Pilihan Warna


Ada beragam finishing yang pengolah bahan croco gunakan untuk menghasilkan warna yang beragam seperti hijau kiwi, merah lipstik, coklat mocca, dan sebagainya. 

5. Lapisan Kulit yang Tebal dan Tidak Mudah Sobek


Kelebihan bahan croco yang menjadikan barang tersebut banyak peminatnya adalah lapisan bahannya yang tebal sehingga tidak mudah rusak atau robek. Satu produk croco sintetis memiliki ketebalan sekitar 1,2 mm dengan backing beragam seperti knitted backing atau lainnya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa lapisan croco PVC memiliki kelebihan lainnya, yakni kedap air. Hal ini karena kandungan plastik PVC pada material tersebut. Sebaliknya, bahan kulit buaya asli justru bisa basah saat terkena air.  

Penutup


Sebagai kesimpulannya, bahan tas croco merupakan salah satu material premium dan terkesan eksklusif sehingga tidak heran jika harga produk berbahan ini cukup membuat mata terbelalak. Sebagai alternatifnya, kamu bisa mendapatkan produk yang lebih terjangkau di situs jual bahan tas croco seperti oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini