Bahan Tas Spunbond, Kenali Karakter, Jenis Hingga Kelebihannya!

Bahan Tas Spunbond, Kenali Karakter, Jenis Hingga Kelebihannya!

Bahan tas spunbond banyak sekali diminati penggunaanya. Lantas seperti apa bahan tas spunbond ini? Yuk kenali karakter, jenis hingga kelebihannya disini!

Bahan Tas Spunbond, Kenali Karakter, Jenis Hingga Kelebihannya!

Bahan tas spunbond menjadi salah satu bahan yang kerap digunakan oleh industri tas. Spunbond merupakan bahan yang seringkali digunakan untuk menggantikan plastik dan kertas yang menjadi bahan untuk goodie bag, shopping bag, ataupun tas souvenir. 

Bahan yang satu ini merupakan bahan yang higienis, terbukti tak hanya sering digunakan dalam pembuatan tas, bahan ini juga sering digunakan menjadi masker, hingga pampers. 

Spunbond juga termasuk bahan yang ramah lingkungan dan dapat secara mudah didaur ulang. Lantas apa itu bahan tas spunbond dan bagaimana karakteristik hingga jenisnya? Yuk simak ulasan berikut!

Mengenal Bahan Tas Spunbond


Sebelum mengenal karakteristik dan jenisnya, kamu perlu mengetahui pengertian bahan tas spunbond. Bahan tas spunbond adalah kain sintetis yang terbuat dari biji plastik atau bahan polypropylene dengan serat yang panjang yang terikat dan tersusun kuat melalui proses kimiawi.

Meskipun terbuat dari biji plastik, bahan satu ini ternyata tidak berbahaya dan ramah lingkungan. Bahkan, bahan ini cukup populer sebab menjadi pengganti kantong plastik dan dapat digunakan berkali-kali.

Menggunakan bahan material yang ringan membuat spunbond ringan dipakai namun kuat. Ada beberapa karakteristik lain yang dimiliki oleh bahan spunbond ini, penasaran apa saja? Berikut ulasannya!

Karakteristik Bahan Spunbond


Jika kamu telah mengetahui pengertian bahan tas spunbond, maka kamu juga perlu mengetahui bagaimana karakteristik dari bahan ini sendiri. Ada beberapa karakteristik bahan spunbond yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih bahan tas yang cocok untuk kamu, berikut karakteristik bahan tas spunbond.

1. Tahan Lama


Salah satu karakteristik bahan ini adalah tahan lama. Terbuat dari biji plastik dan tersusun dari serat yang saling terikat melalui proses kimiawi membuat bahan ini awet. Bahan spunbond dapat digunakan berkali-kali membuat bahan ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan tas.

2. Bisa Dicuci


Karakteristik lain yang dimiliki bahan tas spunbond ini adalah dapat dicuci. Selain awet dan dapat digunakan berkali-kali, ketika tas yang menggunakan bahan spunbond kotor, kamu dapat mencucinya. Seratnya yang kuat membuat bahan ini mudah dicuci dan tidak gampang rusak.

3. Punya Ragam Warna


Keunikan lain yang dimiliki oleh bahan ini adalah memiliki ragam warna yang banyak. Kain spunbond memiliki ragam warna yang cantik dan tak kalah dengan bahan tas lainnya. Hal inilah yang membuat tas yang terbuat dari bahan spunbond memiliki ragam warna dan seringkali digunakan untuk tas souvenir.

4. Aman Digunakan


Kain spunbond terbuat dari biji plastik, meski begitu kamu tidak perlu khawatir sebab bahan ini aman digunakan. Bahan jenis ini dapat digunakan berkali-kali secara aman dan mudah didaur ulang sehingga ramah lingkungan. Bukan itu saja, bahan spunbond juga dikenal higienis sehingga juga banyak dipakai untuk pembuatan masker, penutup kepala hingga pampres.

5. Mudah Didaur Ulang


Karakteristik selanjutnya adalah mudah didaur ulang. Bahan jenis ini ramah lingkungan dan saat didaur ulang pun kain jenis ini tidak menimbulkan polusi. Hal inilah yang membuat bahan ini kerap digunakan untuk menjadi shopping bag  sebab penggunaan kantong plastik mulai dibatasi.

6. Gampang Disimpan


Karakteristik lain yang dimiliki oleh bahan ini adalah gampang disimpan. Seperti karakteristik yang dijelaskan sebelumnya jika bahan ini awet digunakan bahan bisa dicuci, spunbond juga gampang disimpan. 

Bahan spunbond tidak memerlukan perawatan yang rumit. Untuk menyimpannya kamu hanya perlu melipatnya dan dapat disimpan dilaci, mudah bukan?

7. Harga Ramah Kantong


Selain dikenal ramah lingkungan bahan jenis ini juga dikenal ramah kantong. Bahan spunbond dikenal memiliki harga yang ekonomis. Hal ini cocok bagi kamu yang ingin membuat tas souvenir dalam jumlah yang banyak. 

Baca juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Bahkan di negara maju seperti Eropa, Amerika, hingga Australia sudah mengganti kantong plastik dengan tas belanja. Bahan spunbond inilah yang seringkali digunakan untuk bahan tas belanja.

Jenis Bahan Tas Spunbond


Selain memiliki karakteristik yang beragam, bahan tas spunbond ini juga memiliki beragam jenisnya. Macam-macam jenis bahan spunbond ini ditentukan menggunakan ketebalan yang ada. Ingin tau jenis-jenis bahan tas spunbond? Berikut ulasannya.

1. Bahan Spunbond 25 gr - 50 gr


Jenis pertama yakni bahan spunbond 25 gr - 50 gr yang merupakan bahan spunbond yang paling tipis. Sesuai dengan ketebalannya, bahan spunbond dengan ketebalan ini merupakan bahan spunbond yang paling murah. 

Biasanya, bahan spunbond dengan ketebalan ini digunakan untuk membungkus produk ataupun barang setelah packaging. Misalnya tas, sepatu, sandal, dompet dan sebagainya.

2. Bahan Spunbond 55 gr - 75 gr


Jenis bahan spunbond yang kedua adalah spunbond dengan ketebalan 55 gr - 75 gr. Bahan yang satu ini merupakan bahan spunbond yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. 

Ketebalan jenis inilah yang mungkin seringkali kamu temui sebab banyak dipakai sebagai bahan pembuatan goodie bag. Dengan ketebalan ini, membuat tekstur dan ketebalannya mudah dijahit dan dikombinasi dengan jenis kain lain dan mudah disimpan.

3. Bahan Spunbond 100 gr


Bahan tas spunbond selanjutnya merupakan jenis yang paling tebal. Kamu dapat menggunakan tas dengan ketebalan ini untuk membawa beban berat. Namun pastinya dengan kain spunbond paling tebal memiliki harga yang paling mahal dibandingkan dua jenis yang sudah dijelaskan diatas.

Keuntungan Menggunakan Bahan Spunbond


Jika telah mengenal bahan spunbond lengkap dengan karakteristik hingga jenis bahan spunbond, maka kamu juga harus tahu keuntungan apa jika kamu menggunakan bahan tas ini. 

Kain jenis ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bahan lain. Bahkan tas jenis ini juga dikenal sebagai bahan tas yang ramah lingkungan dan murah digunakan.

Ingin tahu kelebihan dan keuntungan lain yang bisa didapatkan? Berikut kelebihan bahan tas spunbond.

1. Hemat dan Awet Digunakan


Bahan ini terbuat dari biji plastik dengan serat yang kuat sehingga dapat digunakan berkali-kali. Sehingga kamu akan lebih hemat terlebih harganya yang ekonomis.

2. Aman Dipakai dan ramah Lingkungan


Meskipun terbuat dari biji plastik, nyatanya bahan ini higienis dan mudah didaur ulang. Bahkan spunbond tidak menimbulkan polusi sama sekali sehingga ramah lingkungan.

3. Memiliki Beragam Ketebalan dan Warna


Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan adalah memiliki beragam ketebalan dan ragam jenis warna yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

4. Tidak Mengandung Bahan Kimia


Bahan spunbond meski terbuat dari biji plastik nyatanya tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Bahan spunbond terbukti higienis sehingga banyak juga digunakan untuk bahan masker dan pampers.

Penutup


Bahan tas spunbond ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang menginginkan bahan tas yang awet, murah dan dapat digunakan berulang kali. Spunbond telah terbukti sebagai tas yang ramah lingkungan dan aman digunakan.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini