Rekomendasi 25 Bahan Tas Yang Bagus dan Tahan Lama

Ini 25 Bahan Tas yang Bagus dan Kuat untuk Tas Tahan Lama

Saat ini ada banyak model tas di pasaran. Kamu harus memperhatikan bahan tas yang bagus dan kuat agar tidak salah memilih bahan tas untuk kegiatanmu.

Ini 25 Bahan Tas yang Bagus dan Kuat untuk Tas Tahan Lama

Begitu banyak jenis dan model tas yang ada di pasaran dan mungkin kamu bingung untuk memilihnya. Cara terbaik untuk memilih sebuah tas adalah memilihnya berdasarkan bahan. Bahan tas yang bagus dan kuat akan membuat tas lebih awet dan tidak mudah rusak.

Rekomendasi 25 Bahan Tas Yang Bagus dan Tahan Lama

Apa Saja Bahan Tas yang Bagus dan Kuat?
Di bawah ini terdapat beberapa jenis bahan tas yang bagus sebagai rekomendasi untuk kamu sebelum membeli tas.

1. Cordura
 

Bahan tas cordura adalah jenis kain yang banyak dicari karena karakteristik yang dimiliki sangat cocok untuk pembuatan tas. Bahan cordura yang tebal dan tidak menerawang akan membuat tas lebih kuat. Hal ini dikarenakan kerapatan kain yang terbilang tinggi sehingga tas tidak akan mudah sobek.

Tas berbahan cordura juga cocok untuk menemani kegiatan outdoor karena bahannya yang 10x lebih kuat dari katun dan 3x lebih kuat dari polyester. Bukan hanya karena kuat, cordura juga cocok untuk untuk membuat tas waterproof.

Meski begitu, penampilan dari bahan cordura sebenarnya biasa saja. Tidak ada pembawaan yang mewah atau elegan. Bahan cordura akan lebih cocok untuk membawakan kesan sporty atau casual. Maka dari itu, cordura sering digunakan untuk membuat tas kegiatan outdoor.

2. Bimo
 

Selain cordura, bimo menjadi bahan yang juga banyak digunakan untuk pembuatan tas. Bahan tas bimo karena karakteristiknya yang tebal dan tidak menerawang.

Kerapatan kain yang tinggi membuat bahan bimo lebih kuat dan awet. Kamu juga tidak perlu khawatir rusak, karena bahan ini tidak mudah lecet saat dipakai.

Termasuk bahan tas yang bagus dan awet, bimo memiliki kekuatan 10x lebih baik sehingga cocok untuk membawa barang-barang berat atau melalui cuaca ekstrim.

3. Baby Ripstop
 

Baby ripstop atau ripstop adalah bahan yang yang cocok untuk membuat berbagai macam model tas. Selain itu, seratnya kuat dengan harga yang pastinya lebih terjangkau.

Ripstop memiliki permukaan halus dan juga pola kotak-kotak kecil yang terbentuk selama penyusunan bahan. Selain itu, bahan ini juga terbilang kuat sehingga tidak akan mudah rusak saat ditarik.

Sebenarnya bahan ini tidak dapat menahan air, tapi karena memiliki lapisan lain seperti plastik membuat ripstop juga mampu menahan air dengan baik.

4. Denim
 

Sebelumnya mungkin kita mengenal bahan denim hanya untuk pembuatan pakaian. Tak heran karena denim memang membawa kesan penampilan yang elegan. Namun, denim juga sering menjadi bahan pembuatan tas yang bersifat kasual.

Kain denim memiliki sebuah daya tarik sehingga cocok pula untuk pembuatan tas. Misalnya saja warnanya yang netral. Kamu tidak perlu memikirkan outfit, apapun yang kamu gunakan tetap akan cocok dengan tas denim yang akan kamu pakai. Kemudian, denim tidak mudah robek karena tekstur seratnya tebal.

Namun, karena denim merupakan jenis bahan tas yang bagus, ada kemungkinan terjadi pemalsuan oleh beberapa pihak. Maka dari itu kamu harus cermat dalam memilih barang yang berbahan dasar denim.

5. Dinnir
 

Dinnir adalah jenis bahan yang sering kita jumpai di tas ransel. Bahan yang ringan tetapi kuat memang cocok untuk membawa buku-buku sekolah atau laptop. Bahan tas ini memiliki banyak jenis yaitu D300, D420, D600, D1050, D1680, dan D1800. Setiap bahan memiliki karakternya masing-masing. 

Meski memiliki banyak jenis, secara keseluruhan bahan tas dinnir memiliki tekstur yang halus. Bahan dinir yang cocok untuk jadi tas adalah D300, D1050, dan D1680 yang cocok untuk pembuatan tas. Pasalnya bahan ini cukup tebal dan serat yang lebih rapat sehingga tidak mudah sobek.

6. D1680
 

D1680 merupakan salah satu bahan dinnir yang banyak ditawarkan oleh pengusaha tekstil. Bahan D1680 memiliki tekstur yang lembut namun kuat dan juga tebal. 

Biasanya, D1680 menjadi bahan pembuatan tas ransel dan tas jinjing. Banyaknya pilihan warna D1680 membuat bahan ini menjadi bahan pembuatan dasar tas yang menarik.

Selain itu, bahan ini juga pastinya waterproof. Lapisan yang ada di dalamnya akan menjaga barang bawaan kamu tetap aman dan terlindungi dari air hujan.

7. Dolby
 

Tas berbahan dolby bisa kamu jumpai dengan mudah. Material ini terbilang cocok untuk pembuatan tas, mulai dari ransel, goodie bag, tote bag, dan jenis tas lainnya.

Bahan tas dolby memiliki ketebalan yang cukup tinggi sehingga kuat untuk membawa banyak barang. Karena ketebalannya ini bahan dolby pastinya tidak mudah rusak.

Meski tebal, bahan dolby akan memberikan sensasi dingin bagi penggunanya. Teksturnya yang halus dengan sensasi dingin yang ada akan membuat siapapun merasa puas dan nyaman. Maka dari itu, dolby sangat tepat untuk menemani aktivitas di luar ruangan kamu.

8. Micro
 

Bahan tas berikutnya adalah micro. Micro merupakan salah satu bahan tas yang cukup premium.

Saat ini banyak konsumen yang mencari tas berbahan halus. Kalau kamu salah satunya, maka micro adalah jawaban yang tepat. Meski halus, tas berbahan micro juga pastinya tahan air sehingga barang-barang kamu akan terjaga.

Kemudian, bahan micro juga bebas alergi. Mungkin ada di antara kita yang merasa alergi atau iritasi karena suatu jenis bahan tas. Kalau kamu pernah mengalami juga, cobalah menggunakan tas berbahan dasar micro.

9. Kanvas
 

Kanvas adalah jenis bahan yang mudah ditemukan di pasaran. Bahan tas kanvas yang tebal membuat tas ini tergolong kuat. Meski terbuat dari bahan dasar katun, tas bahan kanvas memiliki kekuatan yang hampir mirip dengan bahan denim yang membuatnya banyak dimanfaatkan untuk pembuatan barang lainnya.

Saat ini juga banyak tas yang sudah berbahan dasar kanvas seperti untuk pembuatan sling bag, tote bag, atau fanny pack. Motifnya yang unik membuat tas berbahan kanvas memiliki banyak peminat.

10. Polyester
 

Polyester adalah salah satu jenis bahan tas yang kuat. Selain kuat, bahan polyester tidak mudah berkerut sehingga akan membuat penampilanmu semakin keren. Bahan ini juga tidak akan berkerut dan tahan terhadap abrasi.

Meski sering dibandingkan dengan bahan nylon, polyester sebenarnya lebih mudah kering namun memang lebih berat daripada nylon.

Kelebihan lain yang polyester miliki adalah kemudahan dalam menyerap warna dan menolak air. Dengan begitu, warna yang diberikan kepada polyester pada saat pembuatan akan maksimal dan lebih indah. 

11. Nylon
 

Yang sering disandingkan dengan polyester adalah nylon. Jenis bahan yang satu ini awal kali muncul adalah tahun 1935. Pada saat itu, nylon merupakan bahan dasar pembuatan parasut dan juga tenda militer sebelum banyak masyarakat yang menggunakannya.

Mulanya, nylon merupakan bahan pengganti sutra karena memiliki karakteristik yang lembut, ringan, dan memberikan kesan mahal meski harganya tidak semahal sutra.

Meski memiliki karakter yang tidak mudah berkerut dan mudah dalam perawatannya, bahan tas nylon bukan merupakan bahan pembuatan tas yang membawa barang berat atau banyak. Biasanya hanya untuk pembuatan hand bag atau tote bag.

12. Parasut
 

Bahan yang satu ini memang sudah terkenal sejak lama karena memiliki sifat waterproof. Material parasut dalam pembuatan tas akan membuat tas lebih tahan lama dan kuat.

Meski begitu, kamu harus pintar-pintar dalam memilih bahan parasut. Pasalnya parasut dengan kualitas yang kurang baik akan mudah kusut dan juga bahannya terbilang tipis.

Kamu bisa menggunakan bahan parasut yang lebih tebal karena bahan yang tebal memiliki kerapatan yang tinggi sehingga tidak mudah rusak. Dengan begitu perawatan akan lebih mudah dan tas kamu akan lebih awet dan tahan lama.

13. Spunbond
 

Bagi para pecinta lingkungan pastinya menggunakan tas daripada kantong plastik adalah pilihan utama. Cobalah menggunakan goodie bag atau tas belanja yang berbahan dasar spunbond.

Spunbond menjadi salah satu bahan tas yang bagus karena dinilai cukup ramah terhadap lingkungan dan tidak berbahaya. Hal ini disebabkan spunbond adalah bahan yang tahan terhadap bahan kimia dan sangat mudah dalam mendaur ulangnya.

Selain itu, spunbond juga memiliki banyak jenis warna yang juga cantik. Jadi selain untuk tas belanja, spunbond juga cocok untuk menjadi tas pembuatan souvenir atau promosi.

14. Suede
 

Mungkin kamu sering menjumpai suede sebagai bahan untuk pembuatan sepatu, jaket, dan furniture. Tapi sebenarnya suede juga cocok untuk membuat berbagai jenis macam barang salah satunya adalah tas.

Kalau kamu menyukai penampilan yang matte, tas berbahan dasar suede sangat cocok untuk kamu karena tampilan bahan ini cenderung matte. Namun perlu diingat bahwa bahan tas yang satu ini tidak mampu menyerap air.

Meski sangat bagus dan menarik, tas berbahan dasar suede juga sulit untuk dibersihkan. Kamu membutuhkan cara khusus untuk bisa membersihkannya secara maksimal. 

15. Virotex
 

Berikutnya ada bahan virotex yang sering digunakan oleh produsen tas rumahan. Fleksibilitas yang virotex miliki membuatnya tidak membatasi kreativitas pembuatnya.

Walaupun bukan bahan semi kulit terbaik, virotex sudah memiliki kualitas yang cukup memadai dengan harga yang relatif terjangkau. Teksturnya yang unik seperti kulit jeruk dan urat kayu membuat bahan ini sering menjadi dasar pembuatan aksesoris fashion.

16. Colombo
 

Kalau kamu mencari jenis bahan kulit sintetis yang bagus, colombo adalah jawabannya.

Colombo memiliki karakter yang agak kaku karena memang bahan ini cukup tebal. Dalam proses pembuatan, biasanya suede akan menjadi lapisan dalam tas berbahan dasar colombo.

Kelebihan dari colombo adalah pastinya awet. Dan karena colombo ini doff finishing, tas tidak akan mudah kotor dan mudah dibersihkannya.

17. Miniso
 

Tidak seperti fashion kebanyakan, miniso memiliki kualitas yang premium tapi harga yang ditawarkan sebenarnya cukup terjangkau. Salah satu jenis bahan kulit sintetis ini sebenarnya cukup tebal dan memiliki tekstur halus sehingga sering disebut sebagai spon fosil.

Lebih tebal dari jenis tas sintetis pada umumnya, miniso tetap menjadi bahan yang lentur dan tidak akan mudah robek saat kamu gunakan.

18. Blacu
 

Awal kehadiran bahan blacu memang sebagai pembungkus tepung terigu dan gula. Tapi kini blacu juga sering menjadi bahan pembuatan tas untuk memenuhi aktivitas sehari-hari.

Bahan tas blacu biasanya memiliki ketahanan yang cukup kuat. Memang ada kain blacu yang terbuat dari kapas murni, namun biasanya yang dibentuk menjadi tas sudah memiliki campuran bahan lainnya seperti rayon sehingga sangat kuat untuk dijadikan sebuah tas.

Tas berbahan blacu juga sangat cocok bagi kamu yang ingin berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Bahan tas blacu pastinya mudah terurai dan tidak akan merusak lingkungan jika kamu ingin membuangnya.

19. Croco
 

Bahan croco adalah bahan yang terbuat dari kulit buaya khususnya buaya muda. Kulit buaya dewasa jarang digunakan karena kulit buaya cenderung mudah pecah pada saat pemrosesan berlangsung.

Langka dan cukup mahalnya bahan croco ini membuat hadirnya bahan croco sintetis yang akan lebih mudah dijangkau. Bahan ini menjadi favorit dalam industri fashion karena keunikan yang dimilikinya. Alasannya karena motif yang croco miliki termasuk yang unik dan eksklusif.

20. PVC
 

Polyvinyl Chloride atau PVC adalah salah satu bahan yang juga sering menjadi bahan pembuatan tas. PVC menjadi bahan favorit pegiat industri fashion bukan tanpa alasan. Kualitasnya yang bagus dan tahan lama menjadi aspek terdepan pemilihan PVC sebagai bahan dasar pembuatan tas.

Tas berbahan PVC pastinya memiliki sifat anti air dan mampu bertahan dari berbagai kondisi cuaca. Yang terpenting lainnya adalah PVC bisa menemani kegiatanmu di luar ruangan karena tidak mudah rusak jika terkena paparan sinar UV.

Meski banyak kelebihan yang PVC miliki, ada pula kekurangan yang PVC miliki. Misalnya saja sifatnya yang kaku sehingga sulit dalam pembuatannya. Selain itu, apabila terdapat kesalahan dalam menjahit, akan terdapat bekas lubang jahitan di bahan ini.

21. PU Leather
 

Bahan pembuatan tas yang berkualitas berikutnya adalah PU Leather. Jenis kain ini memiliki kemiripan dengan kulit asli. Memiliki tekstur yang lembut dan permukaan yang licin, tas ini terbilang ampuh dan juga tahan lama.

Kalau kamu ingin menggunakan jenis bahan ini, tak perlu khawatir dengan harganya. Harga dari PU cenderung terjangkau dibandingkan dengan harga kulit asli sehingga sering menjadi alternatif di industri fashion.

Namun bahan PU juga mudah mengelupas dalam beberapa kondisi. Jadi jangan terlalu sering membiarkan tas berbahan dasar PU terkena panas matahari dalam waktu yang lama.

22. Togo
 

Bahan Togo adalah menjadi bahan favorit dari brand ternama yaitu Hermès. Togo adalah bahan yang dibentuk dari kulit anakan sapi. Memiliki kualitas tinggi, bahan ini sangat ringan dan juga mudah dibentuk.

Berbicara tentang ketahanan pastinya kamu tidak perlu ragu. Menjadi bahan favorit dari brand ternama membuat bahan ini memiliki reputasi yang baik pula. Sifatnya yang water resistant dan juga tahan di segala kondisi pastinya akan sangat menjadi tas terbaik untuk kamu.

23. Epsom
 

Epsom juga menjadi bahan tas yang sebenarnya cukup populer. Tas yang memiliki tekstur emboss ini memiliki kualitas bahan yang kuat dan juga tahan lama penggunaannya.

Mirip seperti Togo, Epsom juga menjadi salah satu bahan yang sering Hermès gunakan dalam membuat bahan tas branded nya.

24. Longchamp
 

Bahan pembuatan tas berikutnya adalah longchamp. Longchamp merupakan material yang terbuat dari serat polyester yang memiliki kerapatan tinggi namun tetap ringan.

Kalau tas kamu menggunakan bahan ini pastinya memiliki sifat waterproof dan juga tahan lama. Tas dengan bahan longchamp bisa bertahan bertahun-tahun dan bisa membawa banyak barang karena bahannya tidak mudah rusak.

25. Saffiano
 

Mungkin kalau kamu mendengar saffiano kamu akan langsung tertuju ke salah satu tas keluaran brand Prada. Padahal sebenarnya saffiano merupakan salah satu jenis bahan bertekstur kulit yang dihasilkan dari proses finishing. Namun memang finishing bahan ini sudah dipatenkan oleh Prada.

Berbicara tentang kualitas memang tidak perlu diragukan lagi. Bahan saffiano termasuk yang terbaik dan mudah dibersihkan. Namun bahan tas ini sebenarnya mudah tergores dan terkikis sehingga kamu harus hati-hati dalam menggunakannya.

Penutup


Membeli sebuah tas memang harus memperhatikan jenis bahan yang digunakan dan juga kamu harus mengetahui karakteristik dari bahan tersebut. Hal tersebut akan membantu kamu untuk menyesuaikan penggunaan dan juga bahan dari tas tersebut agar lebih awet selama kamu gunakan.

Kalau kamu merasa bingung ingin menggunakan bahan apa, oscas.id akan membantu kamu untuk membuat tas dalam model apapun. Kami adalah konveksi tas yang sudah terpercaya sejak tahun 2015.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini