Jenis & Keunggulan, Perawatan Bahan Tas Parasut

Jenis, Keunggulan, Perawatan Bahan Tas Parasut

Bahan tas parasut terkenal akan keunggulannya yang anti air. Ketahui jenis dan bagaimana cara perawatannya yang benar di bawah ini agar tasmu tahan lama!

Jenis, Keunggulan, Perawatan Bahan Tas Parasut

Ada banyak sekali material bahan tas masa kini mulai dari bahan kanvas tas hingga bahan tas parasut. Kain parasut populer karena varian warna dan teksturnya yang beragam.

Kata parasut diambil dari bahasa Perancis yakni para bermakna melindungi dan chute yakni jatuh. Pemberian nama tersebut karena fungsinya sebagai pelindung kain untuk penerjun.

Adapun jenis, keunggulan dan karakteristiknya sebagai bahan tas bisa kamu simak sebagai berikut:

Jenis & Karakteristik
 

Bahan parasut menggunakan kombinasi silikon dan nilon. Hal ini diterapkan pada bahan parasut jaket, tas, APD, celana bahkan topi. Tas parasut anti air menjadi ciri khas utama dari material ini. Sifat kain waterproof sehingga ketika terkena air tidak akan merembes ke serat-serat kainnya. 

Padahal ada beberapa jenis parasut yang tidak anti air. Meskipun begitu kepopulerannya tak pernah mati bahkan sering digunakan brand mewah dunia. Bahannya semakin cantik ketika melalui proses sublim maupun sablon. Jenisnya sendiri ada beberapa golongan yakni adalah:

  • Parasut tipis memiliki tekstur tidak mengkilap dan cenderung tipis
    Metalik mempunyai lapisan anti air dan tidak kaku. Selain itu bahannya berwarna serta mengkilap
    Parasut kusut cenderung bergelombang dan terkesan kusut. Walaupun demikian bahannya dingin dan licin
    Parasut balon memiliki lapisan coating yang tebal sehingga sering dipakai pada tenda dan payung
    Parasut silver sering berfungsi sebagai cover mobil karena adanya lapisan anti air berwarna silver
    Parasut super tidak waterproof namun lebih tebal dibandingkan parasut tipis serta memiliki permukaan mengkilap
    Ragam tipe parasut sering berfungsi sebagai tas parasut pria maupun wanita. Tidak hanya sebagai backpack namun juga untuk sling bag, handbag dan lainnya.

Keunggulan Bahan Tas Parasut
 

Saat musim hujan tiba tentu paling pas saat bepergian menggunakan tas parasut. Ada banyak alasan kenapa tas dengan bahan ini tinggi peminat yakni sebagai berikut:

1.  Ringan


Bahan kain parasut cenderung ringan bila kamu bandingkan dengan bahan kain lainnya seperti kanvas maupun katun. Kainnya cocok untuk semua jenis tas bahkan ransel gunung sekalipun.

Kainnya tipis dan mudah kusut ketika terkena gesekan. Ketebalannya lebih tipis dibandingkan rambut manusia. Saat kain kamu remas akan menimbulkan suara seperti plastik karena terbuat dari sintetis. 

2. Tahan Lama


Untuk ketahanannya bisa kamu adu karena lapisan luarnya berupa coating. Walaupun tipis namun mampu menghalangi air dengan baik sehingga tidak akan basah atau merembes.

Bahannya memiliki pori-pori yang rapat sehingga hangat jika kamu gunakan sebagai baju. Permukaanya halus sehingga nyaman untuk kamu kenakan sebagai tas dimensi besar maupun kecil.

Baca juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

3. Mudah Dijahit


Pilihan warna bahan parasut mulai dari warna cerah hingga gelap. Bahan ini juga mudah kamu jahit sehingga cocok untuk semua jenis tas. Kamu bahkan bisa memberikan bordiran di atas kainnya. Selain itu bisa sebagai tas souvenir, tas mukena hingga tas formal.

4. Tidak Luntur


Keunggulan lainnya adalah warna parasut tidak luntur. Meskipun sudah terkena sinar matahari berkali-kali warnanya tetap terjaga. Sifatnya yang waterproof juga menjaga bahan tas dari masalah jamur sebab kelembaban rendah.

Tak heran bila bahan parasut sering pula digunakan sebagai produk tas brand dunia. Misalnya saja Ellie Original yang berasal dari Swis yang memakai bahan parasut halus sebagai produk tas terbarunya.

5. Harga Terjangkau


Walaupun memiliki banyak keunggulan, harga parasut cenderung terjangkau di pasaran. Kamu tidak perlu sulit untuk mendapatkannya sehingga mudah memenuhi permintaan tas dalam jumlah besar.

6. Mudah Dikombinasikan


Parasut biasanya dikombinasikan dengan bahan lainnya. Misalnya saja kain katun, nilon maupun flanel sebagai pelengkap hiasan. Kombinasi kain ini membuat tampilan tas semakin menarik dan unik.

Perawatan Bahan Tas Parasut


Bahan parasut bisa kamu cuci dengan tangan maupun mesin cuci. Perawatannya sangat mudah dan sederhana yakni bisa kamu ikuti di bawah ini:

  • Keluarkan dulu isi tas dari setiap kompartemennya. Kibaskan tas agar debu yang menempel juga bisa keluar dengan sendirinya
    Kendorkan tali atau resleting tas sebelum kamu cuci. Untuk mencuci bahan parasut sebaiknya memakai deterjen khusus untuk material kedap air karena sifatnya yang menangkal air
    Apabila deterjen khusus tersebut sulit untuk kamu temukan maka bisa gunakan deterjen cair. Mula-mula rendam dulu tas dalam cairan sabun selama 15 menit
    Kucek memakai tangan khususnya pada area bernoda lalu bila memakai air bersih
    Sebaiknya bilas tas dua kali agar tidak ada residu yang tertinggal. Cara mencuci memakai mesin cuci kurang lebih sama dengan langkah di atas


Kesimpulan


Bahan parasut memiliki banyak keunggulan seperti mudah dijahit, ringan dan anti air. Harga cukup terjangkau dan memiliki varian warna dan jenisnya.

Jika kamu mencari produsen bahan tas parasut bisa langsung bekerja sama dengan CV. Oscas Indonesia. Kunjungi website resmi kami di oscas.co.id untuk pemesanan dan bebas layanan konsultasi.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini