Bahan Tas Suede, Pengertian Hingga Karakteristiknya!

Bahan Tas Suede, Pengertian Hingga Karakteristiknya!

Yuk intip tentang pengertian hingga karakteristik bahan tas suede! Bahan berkualitas yang sering digunakan untuk tas, sepatu, hingga furniture.

Bahan Tas Suede, Pengertian Hingga Karakteristiknya!

Bahan tas suede merupakan bahan berkualitas yang seringkali digunakan untuk tas. Untuk membuat sebuah tas yang berkualitas dan memiliki variasi, tak sedikit produsen tas yang memilih menggunakan bahan ini. 

Karakteristik bahan yang unik membuat suede tak hanya digunakan untuk bahan tas saja, banyak juga produsen menggunakan bahan ini untuk membuat sepatu, hingga furniture.

Lantas apa itu bahan tas suede? Yuk simak pembahasan berikut mulai dari pengertian hingga karakteristiknya!

Pengertian Bahan Tas Suede


Pengertian bahan tas suede merupakan bahan yang terbuat dari jenis kulit yang diproses finishing sehingga menghasilkan tekstur lapisan yang halus. Suede sendiri berasal dari bahasa Perancis yakni dari “Gants de Suede” yang merupakan istilah untuk menunjukkan sarung tangan lembut dari Swedia. 

Suede berasal dari bagian leather atau kulit yang dihasilkan dengan proses yang berbeda. Umumnya Suede diambil dari bagian dalam kulit yang lapisannya dekat daging. Lantaran berasal dari sepotong tipis kulit bahan suede kurang tahan lama jika dibandingkan dengan full-grain.

Bahan Suede yang paling banyak dikenal berasal dari kulit sapi, sementara ada juga dari jenis lain yakni dari domba, kambing ataupun kerbau. Lantas seperti apa sejarah, karakteristik bahan suede dan apa saja jenis hingga kelebihan dan kekurangannya? 

Sejarah Bahan Suede


Berdasarkan sejarah, bahan suede pertama kali diproduksi oleh Swedia di abad-18. Saat itu, para bangsawan Perancis menggemari sarung tangan kulit dari Swedia.

Baca juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Sementara pengrajin kulit Swedia menemukan sisi dalam kulit ternyata menghasilkan permukaan yang lebih lembut. Kemudian produksi sarung tangan berlanjut selama beberapa dekade dan bangsa Eropa mulai menyadari potensi bahan suede.

Karakteristik Bahan Suede


Bahan suede meskipun dari kulit, bahan jenis ini berbeda dengan bahan jenis kulit lain. Banyak yang menyamakannya dengan beludru, agar mudah membedakannya berikut karakteristik bahan tas suede:

Memiliki permukaan yang halus dan berbulu, namun terasa seperti bukan kulit hewan.
Tampilannya cenderung matte (tidak mengkilap)
Bersifat menyerap air sehingga tidak tahan air.
Lebih mudah kotor sehingga perlu perawatan khusus.
Bahan suede tipis sebab proses thinning.
Meskipun sekilas terlihat seperti beludru, bahan suede tidak mengkilap dan lebih halus dari beludru. Kulit suede asli lebih sulit dicari dibanding suede sintetis. Suede asli juga sangat rentan dengan cairan sehingga mudah menampakkan bercak.

Jenis-jenis Bahan Tas Suede


Penggunaan kulit hewan dalam dunia fashion kerap menjadi pro dan kontra. Sebab akan berdampak pada lingkungan maupun harganya yang mahal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, produsen tas bahan suede memilih menggunakan bahan suede sintetis. Selain suede sintetis masih banyak jenis bahan tas suede lain, berikut diantaranya:

1. Suede Asli


Karakteristik suede asli sudah dijelaskan di atas. Namun ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan antara suede asli dan sintetis. Yakni:

Suede sintetis jika dikerok menggunakan kuku akan menimbulkan suara kasar.
Permukaan suede sintetis tidak terlalu halus.
Suede sintetis terbuat dari serat nilon atau polyester.
Bagi kamu yang ingin melihat dari jenis kulit hewan apa suatu bahan suede, maka kamu dapat menggunakan ciri=ciri berikut:

Kulit domba: hasil suede yang dihasilkan lembut, halus serta ringan.
Kulit babi: agak lebih berat, namun tebal, sedikit kasar dan tahan lama.
Kulit sapi: menghasilkan suede yang paling kasar.


2. Ultrasuede


Suede jenis ini merupakan salah satu alternatif yang terbuat dari 20% PU dan 80% dari serta mikro polyester. Berbeda dengan suede asli, ultrasuede bisa dicuci dimesin cuci dan dijemur.

3. Suede Silk


Suede silk merupakan silk atau sutra yang diproses sedemikian rupa hingga memiliki hasil akhir seperti suede asli. Namun secara umum karakteristiknya tetap sutra, tetapi memiliki tekstur bulu layaknya suede aslinya.

4. Suede Cotton


Tak hanya sutra, katun juga dapat diubah menjadi layaknya suede. Proses dan hasilnya sama yakni menjadi suede yang lembut dengan permukaan berbulu halus.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Suede


Ada beberapa kelebihan dan kekurangan bahan tas suede ini, diantaranya yakni:

Kelebihan Bahan Suede


  • Meskipun tipis, bahan suede tergolong tahan lama.
    Permukaan halus dan lembut dapat memberikan kesan mewah dan elegan.
    Bahannya fleksibel sehingga tersedia ragam model tas suede.
    Lembut, nyaman dipakai.
    Bila terkena sinar matahari tidak gampang panas.
    Jika dirawat dengan benar maka bisa tahan hingga 5 tahun lebih.
    Kekurangan Bahan Suede
    Bahan suede dari hewan tertentu cenderung tipis.
    Tidak tahan air.
    Membutuhkan perawatan khusus.
    sulit ditemukan dipasaran.
    Mudah rentang terhadap noda.
    lebih tipis dari jenis kain lainnya.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai bahan tas suede baik dari pengertian, karakteristik bahan, jenis, hingga kekurangan dan kelebihannya.

Bagi kamu yang ingin memesan tas model apapun dari bahan ini dapat konsultasikan langsung di Oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini