Mengenal Tas Kanvas: Jenis dan Kelebihannya

Bahan Tas Kanvas: Kenali Jenis dan Kelebihannya

Bahan tas kanvas memiliki jenis yang beragam serta memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan jenis lainnya. Simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

Bahan Tas Kanvas: Kenali Jenis dan Kelebihannya

Bahan tas kanvas merupakan salah satu jenis bahan yang banyak digunakan, karena cocok untuk berbagai model tas. Sehingga tas dengan bahan kanvas ini merupakan Unisex atau cocok untuk laki-laki maupun perempuan.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai apa saja kelebihan dari tas berbahan kanvas, maka kamu perlu mengetahui jenis-jenisnya.

Jenis-jenis Kain Kanvas


Sama halnya dengan material tas lainnya, bahan kanvas juga memiliki jenis yang beragam. Yang perlu menjadi catatan adalah, bahwa tidak semua kain berbahan kanvas bisa kamu gunakan sebagai tas. Untuk itu kenali apa saja jenis-jenis kain kanvas.

Berikut beberapa jenis bahan kanvas untuk tas:

1. Kain Kanvas Blacu
 

Contoh bahan kanvas untuk tas yang pertama adalah kanvas blacu. Karakteristik utama dari jenis kain kanvas yang satu ini adalah teksturnya yang relatif kasar. Tekstur kasar pada jenis kain kanvas blacu berasal dari jenis kainnya yang unfinished atau biasa juga disebut grey.

Untuk harganya, jenis kain kanvas blacu termasuk dalam kategori yang relatif murah dan bisa digunakan sebagai bahan tas kanvas.

2. Kain Kanvas Infinity
 

Berbeda dengan jenis kain kanvas sebelumnya, jenis kain kanvas yang satu ini memiliki karakteristik yang lebih lembut.

Awalnya, kain kanvas jenis infinity biasa digunakan untuk bahan sofa. Namun seiring dengan perkembangan jaman kain kanvas infinity juga dimanfaatkan untuk penggunaan tas.

Baca juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Umumnya, kain kanvas dengan jenis infinity relatif lebih awet dan kuat jika dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya.

3. Kain Baby Kanvas
 

Jenis kain kanvas yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Yaitu karakteristiknya yang lebih halus. Karena pori-pori dari kain baby kanvas lebih kecil, sehingga permukaannya pun lebih lembut dan halus.

Karena lembut dan halus, tas dengan bahan baby kanvas juga memiliki kesan yang lebih fashionable dan elegan.

Meskipun memiliki kesan yang elegan, jenis kain kanvas yang satu ini harganya relatif murah dan terjangkau. Sehingga banyak sekali model tas yang menggunakan jenis kain baby kanvas. Seperti untuk model tote bag, rucksack, backpack, sling bag, hand bag, dan lain-lain.

4. Kain Kanvas Terpal
 

Karakteristik dari jenis kain kanvas terpal adalah cenderung tebal, sehingga kuat dan tidak mudah sobek. Kelebihannya adalah kain kanvas jenis ini dapat tahan terhadap suhu tinggi.

Kain kanvas terpal juga merupakan bahan tas kanvas waterproof. Secara umum, kain kanvas terpal memiliki beberapa jenis dari yang semi waterproof hingga jenis yang waterproof.

5. Kain Kanvas Marsoto
 

Jenis kain kanvas marsoto termasuk dalam jenis kain kanvas yang kuat dan tidak mudah robek. Sehingga sangat cocok untuk penggunaan bahan tas kanvas. Karakteristik utama dari jenis kain kanvas yang satu ini adalah terdapat tekstur

bintik-bintik pada permukaan kainnya. Tekstur dari kain kanvas marsoto hampir mirip dengan tekstur kain cordura.

6. Kain Kanvas Sueding
 

Keunikan yang membedakan kain kanvas sueding adalah teksturnya yang berbulu. Namun, meskipun berbulu jenis kain kanvas sueding ini cenderung lebih lembut dan halus.

Apabila kamu memegang kain kanvas sueding, maka jenis kain kanvas ini akan terasa lebih tipis dan ringan.

7. Kain Kanvas PE
 

Secara umum, sebenarnya jenis kain kanvas PE memiliki banyak jenis lagi dari mulai tingkat ketebalannya hingga jenis finishing.

Sebagai material tas, jenis kain kanvas PE ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Karena harganya yang relatif lebih murah serta persediaannya yang banyak.

8. Kain Kanvas Ripstop
 

Jenis kain selanjutnya adalah kain kanvas ripstop. Karakteristik yang membedakan dari bahan lainnya adalah kain kanvas ripstop cenderung lebih ringan dan tidak terlalu tebal. Sehingga sangat mudah untuk dimodifikasi, dan sangat cocok apabila digunakan sebagai bahan dasar tas kanvas.

Kelebihan Tas Bahan Kanvas


Setiap jenis kain yang menjadi material tas tentu memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing, begitupun dengan bahan kanvas. Terdapat beberapa kelebihan dari tas bahan kanvas yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk menggunakan jenis bahan yang satu ini.

Berikut beberapa kelebihan dari bahan kanvas untuk tas:

1. Material Tidak Mudah Rusak


Salah satu kelebihan utama dari bahan kanvas adalah, jenis kain yang satu ini memiliki material yang tidak mudah rusak. Sehingga penggunaannya pun akan cenderung lebih awet.

2. Harga Lebih Ekonomis


Jika kamu bandingkan dengan jenis material bahan tasi lainnya, maka bahan tas dari kanvas ini termasuk dalam salah satu yang memiliki harga ekonomis. Sehingga beberapa jenis tas dengan bahan kanvas bisa kamu dapatkan dengan harga yang relatif murah.

3. Perawatannya Mudah


Apakah ada sebagian dari kamu yang mengurungkan niat untuk membeli suatu barang, khususnya tas karena merasa ribet dengan perawatannya? Jika ada, maka saatnya kamu memutuskan untuk memilih tas dengan bahan kanvas.

Mengapa demikian? Karena kelebihan lain dari tas bahan kanvas adalah perawatannya yang relatif mudah. Yaitu bisa cukup kamu rawat dengan teknik hand washing.  

4. Tahan Lama


Kekuatan dari kain kanvas memang tidak bisa kamu ragukan lagi. Umumnya, tas dengan bahan kanvas dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

5. Tidak Mudah Robek


Kelebihan kain kanvas untuk tas adalah bahannya tidak mudah robek. Umumnya bahan kain kanvas untuk tas relatif tebal, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena tas akan aman dari permasalahan mudah robek dan mudah rusak.

6. Desain Bervariasi


Tas dengan bahan kanvas umumnya memiliki banyak desain yang sangat variatif. Hal ini karena pada dasarnya kain kanvas merupakan jenis material untuk media melukis. Sehingga sangat memungkinkan untuk membuat desain lukis dengan gambar yang bervariasi pada tas berbahan kanvas.

Dijamin deh, kamu gak akan merasa bosan karena bisa berganti-ganti tas dengan model desain yang berbeda-beda.

7. Beragam Model


Kelebihan lain dari tas bahan kanvas adalah banyaknya variasi model. Tas dengan bahan kanvas memiliki model yang sangat bervariasi, dari mulai model tas backpack, hand bag, sling bag, hingga tote bag.

8. Sangat Fashionable


Menggunakan tas bahan kanvas tentu dapat menunjang penampilan kamu untuk terlihat lebih modis dan fashionable. Terlebih lagi, tas dengan jenis bahan yang satu ini bisa kamu gunakan baik untuk acara formal maupun non formal.

Misalnya kamu bisa menggunakan tas kanvas sebagai pengganti kantong kresek pada saat berbelanja. Namun, di waktu yang lain kamu bisa menggunakan tas kanvas untuk kuliah atau aktivitas lainnya.

9. Unisex


Selanjutnya kelebihan utama dari tas berbahan kanvas adalah bisa digunakan oleh siapa saja. Baik itu laki-laki maupun perempuan, karena tas kanvas merupakan jenis tas yang unisex.

Penutup


Itulah beberapa jenis kain kanvas beserta kelebihannya sebagai bahan tas. Kamu bisa memilih jenis apa yang paling sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap jenis bahan kain kanvas memiliki kelebihannya masing-masing.

Setiap bahan tas kanvas juga memiliki karakteristiknya tersendiri, yang menjadi ciri khasnya. Bagi kamu yang ingin memiliki tas bahan kanvas dengan model apapun, bisa langsung berkonsultasi dengan oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini