Kelebihan Bahan Tas Micro Terbaik

Karakteristik dan Kelebihan Bahan Tas Micro Terbaik

Apakah bahan mikro bagus untuk tas? Ketahui karakteristik dan kelebihan bahan tas micro supaya tahu, apakah bahan ini sesuai untuk kebutuhanmu atau tidak.

Karakteristik dan Kelebihan Bahan Tas Micro Terbaik

Berencana membuat tas berkualitas yang tidak hanya bagus tapi tahan lama? Jika iya, kamu bisa menggunakan bahan tas micro.

Lalu, bahan mikro seperti apa?

Ketahui karakteristik, kelebihan sampai jenis-jenisnya.

Seperti Apa Bahan Tas Micro?


Bahan mikro terbuat dari dua jenis polimer yaitu:

1. Polyester


80% bahan micro terbuat dari material polyester. polyester merupakan salah satu bahan terbaik untuk pembuatan tas. Selain ketahanan, bahan ini juga membuat tas terlihat bagus.

Keunggulan lainnya dari polyester yaitu tidak mudah kusut maupun melar serta kedap air.

2. Nylon (Polyamide)


Sementara 20% lainnya dari bahan micro terbuat dari nylon yang ringan, elastis, dan memiliki daya tahan yang seimbang dengan polyester. Lebih dari itu, bahan nylon micro untuk tas juga lebih mudah dicuci dan bisa kering lebih cepat.

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Kombinasi dari kedua bahan ini yang membuat bahan micro mendapatkan kualitas terbaiknya. Seperti kedap terhadap air, dan sangat sesuai sebagai bahan pembuatan tas ransel, tas laptop, dan tas seminar.

Karakteristik Bahan Micro untuk Pembuatan Tas


Karakteristik:

1. Tipis tapi Hangat


Bahan micro terbuat dari benang-benang yang sangat halus dan kecil sehingga membuat serat bahan micro cenderung tipis ketika disentuh.

Jika digunakan untuk tas, tas kamu akan terlihat lebih simple dan tetap hangat ketika cuaca dingin yang secara langsung melindungi barang di dalam tas.

2. Tekstur Halus


Seperti yang sudah dijelaskan, benang untuk membuat kain micro sangat kecil. Itu sebabnya ketika disentuh, bahan micro untuk tas memiliki tekstur yang halus.

3. Berbintik


Meskipun merupakan ciri khas dari bahan micro, namun ciri ini tidak terdapat pada semua kain micro. Hanya beberapa bahan micro yang memiliki motif berupa bintik-bintik.

4. Bahan Licin dan Ringan


Selain halus, bahan micro juga terasa licin sehingga tidak mudah kusut dan flowy. Ciri lainnya yaitu sangat ringan, jadi tidak membuat tas kamu terasa berat ketika digunakan.

Dengan begitu maka kamu bisa lebih nyaman menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Terlebih lagi, bahan micro yang ringan bisa membuat tas terlihat lebih simpel.

5. Seperti Parasut


Sekilas, secara fisik bahan mikro memang hampir menyerupai parasut, namun lebih mudah menyerap air dan lebih tipis.

6. Warna Terang


Bahan micro memiliki warna yang cukup terang. Bahkan bisa terlihat saat malam hari atau dalam keadaan yang sangat gelap. Ini mempermudah kamu ketika harus mencari tas saat suasana sedang gelap.

7. Kedua Sisi Berbeda


Jika kamu perhatikan, bagian luar bahan micro berwarna terang sementara bagian dalam berwarna dop. Jadi sangat mudah membedakan mana sisi luar dan sisi dalam kain.

Jika demikian, apakah bahan mikro bagus untuk tas?

Lihat beberapa kelebihannya.

Kelebihan Tas Bahan Micro

 

Keunggulan menggunakan tas yang berbahan micro:

1. Cepat Kering


Bahan micro dipercaya mampu menyerap air dengan baik sesuai dengan karakteristik dari dua material pembuatannya yaitu nylon dan polyester. Jadi, ketika dicuci atau terkena air hujan, tas dengan bahan micro bisa lebih cepat kering.

Itu sebabnya bahan micro juga banyak digunakan untuk pembuatan jaket dan beberapa jenis pakaian pria serta celana dan kaos olahraga. 

2. Tahan Air


Selain untuk pakaian, bahan micro juga sangat tepat untuk membuat tas. Terlebih untuk tas yang sering digunakan untuk kebutuhan outdoor dan rawan terkena hujan, karena bahan micro bisa mencegah isis tas dari cipratan air.

3. Tekstur Halus dan Licin


Bahan micro terbuat dari serat yang sangat kecil dan halus. Bahkan ukuran benang yang digunakan kurang dari 1 denier. Itu sebabnya ketika kamu meraba permukaan kain berbahan micro akan terasa sangat lembut dan licin.

Selain itu juga lebih lemas sehingga desain tas dengan bahan micro tidak terlihat kaku.

4. Tidak Mudah Kusut


Memiliki tekstur yang halus dan licin, membuat bahan micro flowy dan tidak mudah kusut. Pilihan terbaik untuk kamu yang membutuhkan tas berkualitas dan tetap rapi meskipun untuk kegiatan outdoor.  

5. Perawatan Mudah


Karakteristiknya yang mudah kering membuat kamu lebih mudah dan cepat mencuci sampai mengeringkan tas.

6. Bebas Alergi


Menariknya, jika kamu termasuk salah satu orang yang mudah terkena alergi atau iritasi, maka bahan micro bisa membebaskanmu dari keluhan tersebut.

Jenis-Jenis Bahan Tas Micro Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

 

Berikut beberapa jenis bahan micro:

1. Micro TR (WP)


Kain micro tetoron juga termasuk salah satu bahan terbaik untuk pembuatan tas, terutama tas serut polos.

1. Micro Bintik (Dot Micro)

Merupakan sejenis kain parasut yang halus dan ringan namun memiliki bintik-bintik yang terlihat jelas pada bagian permukaan.

2. Micro Ripstop (WR)


Jenis bahan micro yang juga ringan dan halus, namun juga memiliki tekstur kotak-kotak yang merupakan pembatas antara benang besar dan benang halus yang lebih kecil.

3. Microfiber

 

Jenis kain sintetis yang lembut dan tidak mudah rusak sehingga lebih awet dan sesuai untuk tas yang dibutuhkan untuk waktu lama.

Penutup


Melihat kelebihan dan karakteristik yang dimiliki, tidak heran jika bahan tas micro memiliki kualitas yang bagus dan tingkat ketahanan yang tinggi. Jika kamu tertarik dengan bahan ini, kamu bisa pesan di oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini