Mengenal Tipe, dan Kelebihan Bahan Tas Polyester

Karakteristik, Tipe, dan Kelebihan Bahan Tas Polyester

Bagi kamu yang sedang mencari tas untuk aktivitas outdoor, maka bahan tas polyester merupakan pilihan yang tepat. Berikut ulasan lebih lengkap seputar tas bahan polyester.

Karakteristik, Tipe, dan Kelebihan Bahan Tas Polyester

Bahan polyester merupakan salah satu jenis kain yang cocok digunakan untuk material tas. Bahan tas polyester umumnya berupa tas backpack, ransel, serta tas khusus untuk membawa laptop.

Mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya sebenarnya bahan tas polyester seperti apa, sih?

Mengenal Bahan Polyester


Bahan polyester adalah jenis bahan tas dengan material berupa serat sintetis. Proses pembuatan bahan polyester sendiri melalui daur ulang bahan plastik. Karena bahan utama dari pembuatan polyester adalah PET atau polyethylene terephthalate, yang terkandung dalam botol minuman plastik.

Prose pembuatannya adalah dengan mengumpulkan, lalu mencuci bersih setiap botol yang akan didaur ulang. Kemudian botol-botol tersebut dipanaskan hingga menghasilkan serat fiber atau serat sintetis sebagai bahan utama pembuatan polyester.

Sama halnya dengan jenis bahan tas lainnya, bahan polyester juga memiliki karakteristik tersendiri yang menjadi ciri khasnya.

Karakteristik Bahan Polyester


Berikut beberapa karakteristik dari jenis bahan tas polyester yang membedakannya dengan jenis bahan tas lainnya.

1. Tidak Mudah Kusut


Karakteristik yang pertama adalah bahan polyester memiliki tekstur yang membuatnya tidak mudah kusut. Jadi kamu tidak perlu khawatir apabila memiliki tas dengan jenis bahan polyester. Karena tas kamu akan jauh dari kondisi kusut, sehingga dapat menunjang penampilan kamu menjadi lebih rapi dan fashionable.

2. Mudah Tercampur dengan Berbagai Warna


Selanjutnya, keunikan dari bahan polyester adalah mudah dicampur dengan berbagai warna atau mudah untuk diwarnai Hal ini tentu akan membuat desain tas menjadi lebih bervariasi. Dan kombinasi berbagai warna dalam tas juga akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

3. Bentuk Kain Tidak Mudah Berubah


Kain dengan bahan polyester dapat mempertahankan bentuknya dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga apabila tas kamu berbahan polyester, maka kemungkinan besar tas tersebut akan awet.

Selain memiliki karakteristik tersendiri, bahan polyester juga memiliki tipe yang beragam. Secara umum, bahan polyester terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe PET, PCDT dan benang sintetis.

Tipe-Tipe Bahan Polyester


Berikut beberapa jenis dari bahan polyester yang umum digunakan sebagai bahan untuk membuat tas.

1. PET (Polyethylene Terephthalate)
 

Tipe yang pertama ini merupakan tipe yang paling umum atau banyak digunakan sebagai bahan polyester untuk tas.

Polyester tipe PET melalui berbagai proses hingga akhirnya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan tas. Yaitu dengan mencampurkan ethylene glycol, methyl ester dan antimony catalyst. Bahan-bahan tersebut dapat membantu terjadinya reaksi kimia sehingga dapat menghasilkan polyester.

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Proses selanjutnya agar polyester menjadi sebuah kain adalah harus melalui proses vakum terlebih dahulu, dengan suhu yang sangat tinggi dan dilakukan dalam ruangan yang hampa.

2. Tipe PCDT (poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene)
 

Jika dibandingkan dengan bahan PET, maka bahan tipe PCDT ini relatif lebih elastis. Selain sebagai bahan pembuatan tas, jenis PCDT juga umum digunakan untuk keperluan pembuatan tirai dan cover atau penutup furniture.

3.  Tipe Benang Sintetis
 

Sesuai dengan namanya, tipe polyester yang satu ini berbahan dasar dari benang. Lebih tepatnya adalah jenis benang sintetis, seperti benang pintal, nilon dan filamen. Proses pembuatan polyster menggunakan benang sintetis adalah dengan teknik memutar benang.

Karakteristik yang membedakan tipe ini dengan tipe yang lainnya adalah, tampilan permukaannya yang menyerupai bahan dasar alami. Contohnya seperti kapas.

Kelebihan Tas Bahan Polyester


Sama seperti jenis bahan tas lainnya, tas dengan bahan polyester juga tentu memiliki kelebihannya sendiri. Berikut beberapa kelebihan dari tas dengan bahan dasar kain polyester:

1. Sangat Awet dan Tahan Lama


Kelebihan yang pertama dari tas bahan polyester adalah sangat awet, sehingga kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang relatif panjang.

Salah satu hal yang membuat tas berbahan polyester ini awet adalah, karena serat kainnya yang cenderung rapat. Sehingga tidak membuat tas mudah robek.

2. Tidak Mudah Berkerut


Selanjutnya, keunggulan dari bahan polyester adalah tidak mudah mengkerut. Ini tidak hanya berlaku untuk tas saja, bahkan kaos yang menggunakan bahan dasar polyester juga tidak membuat cepat berkerut. meskipun kaos sudah melalui beberapa kali proses pencucian dan proses setrika.

Pada tas, hal ini akan membuat task amu tidak mudah melar, menciut, ataupun terlihat berlipat. Khususnya pada bagian tali punggung ransel.

3. Bahannya Cepat Kering


Pada saat setelah mencuci tas bahan polyester, kamu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkannya. Karena pada dasarnya bahan polyester ini cepat kering, bahkan tidak perlu kamu jemur langsung di bawah sinar matahari.

Ini tentu akan menguntungkan bagi kamu, karena kamu bahkan bisa tetap mencuci tas meskipun cuaca sedang mendung.

4. Perawatannya Mudah


Bagi kamu yang tidak ingin ribet dengan urusan perawatan tas, maka memilih tas berbahan polyester adalah solusinya. Karena perawatannya relatif mudah dan simple.

Misalnya saja ketika tas kamu dalam keadaan kotor terkena debu, maka kamu cukup membersihkannya dengan menggunakan kain dan air hangat kemudian lap bagian-bagian kotornya.

Pada dasarnya memang tas bahan polyester tidak memerlukan perawatan khusus seperti halnya tas dengan bahan dasar kulit binatang.

5. Tahan Terhadap Bakteri


Salah satu hal yang menarik, sekaligus menjadi kelebihan dari tas bahan polyester adalah dapat tahan terhadap bakteri. Sehingga tas kamu tidak akan mudah terkena jamur.

Karena tahan terhadap bakteri, maka tas polyester juga aman apabila kamu cuci dengan menggunakan teknik dry cleaning atau mencuci dengan bahan kimia. Teknik pencucian dry clean juga tidak akan membuat serat kain dari tas berbahan polyester cepat rusak.

6. Dapat Tahan Air


Komponen pembuatan bahan dari biji plastic membuat tas berbahan polyester dapat tahan air. Sehingga sangat cocok apabila dijadikan bahan tas untuk kegiatan outdoor seperti tas ransel.

Akan tetapi, yang perlu menjadi catatan adalah bahwa ketahanan terhadap air tersebut tentu berbeda-beda tergantung pada tipe polyester-nya. Selain itu, meskipun tas polyester dapat tahan terhadap air, namun tidak direkomendasikan untuk penggunaan dengan sengaja untuk aktivitas di dalam air.

7. Kuat dan Lentur


Karena kuat dan luntur, maka tad tidak akan meninggalkan bekas tekukan meskipun sudah kamu gunakan dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, kelenturan dari bahan polyester juga membuatnya tidak mudah kusut dan menciut.

Dengan kelebihannya yang kuat dan lentur, lagi-lagi tas berbahan polyester ini cocok kamu gunakan untuk berbagai aktivitas outdoor.

Penutup


Itulah beberapa karakteristik, tipe, hingga kelebihan dari tas dengan bahan dasar polyester. Apabila saat ini kamu sedang mencari tas untuk beraktivitas di luar ruangan, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan tas dengan bahan polyester.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bahan tas polyester, kamu bisa berkonsultasi secara langsung melalui oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini