Kenali Bahan Tas Bimo Material Tas Yang Kuat dan Awet

Bahan Tas Bimo, Material Tas yang Kuat dan Awet

Ada banyak sekali bahan tas yang kerap digunakan, salah satunya adalah bahan tas bimo. Kain ini memiliki durabilitas yang sangat baik untuk digunakan sebagai tas

Bahan Tas Bimo, Material Tas yang Kuat dan Awet

Ketika hendak membeli tas, maka aspek utama yang harus jadi pilihan adalah terkait dengan kualitas bahan atau materialnya. Tentunya, kamu pasti menginginkan bahan yang kuat agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama kan? Nah, sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih bahan tas bimo.

Nama bimo untuk bahan utama tas memang masih asing untuk sebagian orang. Namun, perlu diketahui kalau bahan ini memiliki karakteristik yang tergolong bagus bila kamu ingin menggunakannya untuk membawa beban berat atau intensitas waktu penggunaan yang tinggi.

Kenali Bahan Tas Bimo Material Tas Yang Kuat dan Awet

Supaya kamu lebih mengenal bahan bimo ini, maka baca artikel yang sudah Oscas tuliskan ini sampai habis ya supaya nantinya bisa kamu jadikan pertimbangan. Kami akan membahas mengenai apa itu bahan bimo, karakteristiknya, serta keunggulan dan kekurangannya, 


Apa itu Bahan Bimo

Pertama, mari kita membahas mengenai apa itu bahan tas bimo terlebih dahulu bahan bimo ini pada awal mula penggunaannya memang dikhususkan untuk para militer, tepatnya pada era perang dunia ke-2. Sebab, kekuatannya ini tergolong bagus dan mendukung untuk segala kegiatan militer yang aktif dan berada di luar ruangan. 

Tak lama setelahnya, bahan tas ini juga sudah mulai dilirik untuk penggunaan produk-produk komersial seperti tas, tepatnya sekitar tahun 1977. Pengembangan lebih lanjut untuk bahan ini pun terus dilakukan hingga bisa brand terapkan sebagai material utama. Hingga akhirnya, bahan bimo ini juga punya bermacam warna.

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Setelah bahan ini sudah berkembang menjadi lebih baik dan cocok untuk komersial, salah satu brand besar yang menggunakannya adalah Eastpak, sebuah brand backpack terkemuka dari Amerika Serikat. Barulah setelah itu, banyak brand-brand lain dari seluruh dunia mulai mempertimbangkan bahan ini sebagai material tas.

Kebanyakan, untuk jenis tas yang memiliki bahan bimo adalah yang berjenis ransel. Sebab, durabilitasnya juga lebih baik daripada tas yang memakai bahan dasar katun maupun nilon. Selain untuk tas, penggunaan lain dari bahan ini adalah untuk segala peralatan berkendara dan luar ruangan seperti celana, tas besar maupun kecil, hingga jaket. 


Karakteristik Bahan Bimo

Sekarang, mari kita membahas bahan bimo ini dari segi karakteristik materialnya. Dengan anggapan sebagai bahan yang bagus, tentunya aspek-aspek atau karakteristik bahan yang kuat tersebut ada dalam material yang satu ini. 

Serat-serat bahan bimo ini terbuat dari benang polyester. Kalau kamu masih belum paham apa itu sebenarnya polyester, sebenarnya bahan ini adalah serat untuk kain yang dibuat secara kimiawi. Pada umumnya, bahan ini terbuat dari asam tereftalat dan etilen glikol, kemudian bahan ini dicampurkan polietilena tereftalat (PET).

Meskipun begitu, sebenarnya bimo ini berbeda dengan polyester biasa.

Secara umum, memang bahan tas bimo ini memiliki karakteristik yang serupa dengan cordura, sebuah bahan yang juga tergolong kuat dan punya reputasi sangat baik sebagai bahan utama tas.  Sehingga, oleh para produsen atau konveksi juga kerap menyebutnya sebagai "cordura bimo". 

Pertama, dari segi serat, bahan ini punya kerapatan yang sangat tinggi dan kuat. Hal ini juga membuat tas berbahan bimo tidak tembus pandang atau menerawang. Serat-seratnya ini juga tergolong memiliki kualitas yang tinggi untuk mencegah tas kamu jebol atau mengalami lecet. 

Hal inilah yang membuat bahan bimo kerap jadi pilihan utama ketika membuat tas. Sebab, memang kekuatannya memang sangat durable untuk berbagai jenis tas, situasi, serta pengguna  yang ingin memakai tas dalam jangka waktu lama.


Kelebihan Bahan Bimo

Sekarang, mari kita membahas berbagai kelebihan yang bahan bimo ini miliki sebagai bahan utama ketika hendak membuat sebuah tas. Beberapa hal terkait kelebihan dari bimo memang sudah kita sebutkan pada bagian sebelumnya.

Lihat juga : Bahan Tas Cordura

Namun, agar kamu bisa lebih memahami mengenai bahan yang satu ini, kami sudah memberikan beberapa daftar mengenai apa saja kelebihannya. Berikut adalah beberapa di antaranya :

Berikut adalah hal yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk memilih bahan bimo ini: 

1. Bahannya Kuat

Mengenai bahan ini sudah banyak artikel ini singgung. Memang, kekuatan dari bahan bimo ini bisa jadi keunggulan agar kamu tidak perlu gonta-ganti tas karena bahannya yang sudah tidak kuat lagi untuk menahan beban. Dengan menggunakan tas berbahan bimo, maka kemungkinan umur tas kamu bisa lebih panjang.

Bila kamu bandingkan dengan bahan katun dan sejenisnya, tas dengan bahan bimo punya kekuatan 10 kali lipat lebih kuat. Sementara itu kalau kamu bandingkan dengan bahan kain polyester, maka bimo ini 3 kali lebih kuat.

Jadi, kalau soal durabilitas sudah tidak perlu ragukan lagi ya. Apalagi serat-serat benang yang menyusun bahan bimo ini juga sangat rapat dan terjalin dengan erat. 

2. Tidak Berat

Bahan yang kuat memang punya asosiasi sebagai bahan yang berat. Namun, sebenarnya hal itu tidak selalu benar. Ada bahan-bahan yang kuat tetapi tetap punya bobot yang ringan, salah satunya adalah bahan bimo ini. Sebagai bahan utama tas, tentu pertumbangan bobot bahan juga harus jadi hal yang kamu pikirkan.

Bahan yang ringan ini juga berpengaruh terhadap mobilitas dan kenyamanan ketika kamu menggunakannya. Sehingga, punggung tidak akan merasa terbebani ketika membawa banyak bawaan, apalagi jika kamu pakai hampir setiap hari. Kenyamanan ini juga pasti akan berpengaruh baik pada kesehatan tulang kamu.

3. Tahan Air

Kalau sering menyimpan barang-barang berharga di dalam tas, entah itu dokumen maupun alat elektronik, tentunya kamu harus memastikannya agar tetap aman di dalam tas. Namun, terkadang hal-hal di luar kendali bisa saja terjadi, semisal kehujanan secara tiba-tiba ketika di perjalanan.

Hujan ini tentunya akan membuat tas kamu basah dan kalau bahan tas tersebut tidak bagus, tentu air akan merembes ke dalam. Bisa saja, barang bawaan kamu terkena dampaknya. Oleh karena itu, tas bahan bimo bisa menjadi salah satu pilihan terbaik agar barang bawaan kamu tetap terjaga. 

Kekurangan Bahan Bimo

Selain punya kelebihan, tentu bahan bimo juga punya kekurangan. Namun, kekurangan ini sifatnya juga cukup personal.

1. Bahannya Kasar

Tidak seperti kanvas atau katun, bahan bimo ini cenderung kasar ketika kamu pegang, Bagi sebagian orang, mungkin hal ini agak cukup mengganggu. Namun kalau kamu tidak mempermasalahkannya, tentu hal ini bukanlah sebuah kekurangan. 

2. Agak Panas

Bahan tas bimo ini punya karakteristik yang cenderung panas. Biasanya, hal ini jadi masalah yang terkait dengan kenyamanan bagi sebagian orang. Khususnya di daerah punggung ketika waktu pemakaiannya cukup lama.

3. Penampilan Biasa Saja

Memang tas ini bukan untuk kamu yang mencari nilai estetika lebih dari segi material. Sebab, prioritas utamanya dari bahan tas ini adalah kegunaan. Meskipun begitu, bahan bimo juga punya berbagai pilihan warna.

Penutup

Dari artikel ini, tentu kamu sudah memahami kalau bahan tas bimo jadi rekomendasi bila kamu butuh tas yang tahan banting dan bisa untuk penggunaan dalam jangka waktu lama. 

Lalu, kalau tertarik untuk mencari konveksi tas yang memberikan jasa dengan kualitas terpercaya untuk bahan tas bimo, maka kamu bisa mempercayakannya pada Oscas

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini