Mengenal Bahan Tas Denim Yang Cocok untuk Pria & Wanita

Karakteristik Bahan Tas Denim, Cocok untuk Pria & Wanita

Inilah karakteristik yang membuat bahan tas denim menjadi pilihan bagi banyak orang di dalam industri fashion seperti celana, kemeja, jaket bahkan tas.

Karakteristik Bahan Tas Denim, Cocok untuk Pria & Wanita

Saat ini ada begitu banyak bahan yang bisa kamu pilih untuk membuat tas. Seperti salah satunya adalah bahan tas denim yang menjadi favorit banyak orang.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Memang, biasanya bahan ini digunakan untuk membuat celana ataupun jaket. Tapi ternyata, bahan ini juga bisa menjadi tas lho!

Mengenal Bahan Tas Denim Yang Cocok untuk Pria & Wanita

Ingin tahu lebih dalam tentang penggunaan denim sebagai tas? Yuk simak penjelasan berikut.

Karakteristik Denim


Hampir semua orang sudah kenal dengan bahan denim. Namun, masih sedikit yang benar-benar mengerti karakteristik dari bahan satu ini.

Karakteristik bahan denim sebenarnya cukup khas. Oleh karena itu, kamu bisa langsung mengidentifikasi jenis bahan ini hanya dengan melihatnya saja.

Proses pembuatan denim dilakukan dengan cara tenun silang kepar (twill weave). Sementara bahan pembuatannya berasal dari serat kapas atau lebih banyak dikenal sebagai katun.

Biasanya denim menggunakan serat katun berwarna biru sebagai benang pakan. Sementara benang lungsin menggunakan serat katun berwarna putih. Karena itulah kamu bisa melihat bagian dalam denim memiliki warna putih.

Bagi kamu yang belum tahu, benang pakan adalah benang yang melintang pada lebar celana (kiri ke kanan). Sementara lungsin adalah benang yang melintang pada panjang celana (atas ke bawah).

Penggunaan teknik tenun silang kepar pada pembuatan denim membuat bahan ini memiliki pola diagonal. Pola diagonal inilah yang menjadi salah satu karakteristik khas dari denim.

 

Kelebihan Denim


Tentu terdapat alasan bahan denim menjadi pilihan favorit pada industri fashion. Bahkan bahan ini juga mulai digunakan pada hal lain termasuk tas. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bahan denim sehingga menjadi pilihan banyak orang.

1, Cocok bagi Pria & Wanita


Bahan denim cenderung memiliki warna yang netral. Pilihan warna denim tidak jauh dari biru, hitam, abu-abu dan warna retro lainnya. Oleh karena itu, bahan ini cocok digunakan oleh pria dan wanita.

Karena alasan ini juga kamu bisa melihat banyak fashion pria maupun wanita yang menggunakan bahan denim. Mulai dari celana panjang, outer hingga aksesoris fashion pria dan wanita bisa dibuat menggunakan denim.

2. Cocok dengan Berbagai Gaya


Penggunaan bahan denim yang memiliki warna netral membuatnya cocok dipadupadankan dengan berbagai gaya. Kamu tidak perlu repot memilih warna dan gaya berpakaian jika menggunakan tas berbahan dasar denim.

Selain itu, tas dari bahan denim juga cocok untuk berbagai keperluan seperti hang out, kuliah ataupun bekerja dalam situasi semi formal. Namun, lebih baik kamu menghindari penggunaan denim pada situasi formal karena kesannya yang terlalu kasual.

3. Kuat & Tahan Lama


Bahan denim terkenal karena kekuatan dan daya tahannya sehingga lebih awet. Bahkan dalam sejarahnya, bahan denim menjadi pilihan bagi pekerja tambang sebagai celana ketika mereka bekerja.

Baca juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Bisa kamu bayangkan bagaimana kuatnya bahan denim untuk memenuhi kebutuhan para pekerja tambang. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir tas dari bahan ini akan mudah rusak.

Kekurangan Denim


Selain memiliki beberapa kelebihan di atas, bahan denim juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan bahan denim untuk kamu jadikan pertimbangan.

1. Cenderung Monoton


Banyak orang yang beranggapan bahwa bahan denim memiliki model yang monoton. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena memang denim polos cenderung memiliki model yang begitu-begitu saja.

Namun, perkembangan denim telah semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Saat ini kamu tidak hanya bisa menemukan denim dengan model yang polos.

Tampilan denim bisa kamu buat menjadi lebih menarik dengan menambahkan sablon ataupun lukisan di atasnya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir tas dari bahan ini akan terkesan membosankan dan monoton.

2. Warna Bisa Memudar


Jika kamu mencari bahan yang memiliki daya tahan warna tinggi, maka denim bukanlah pilihan tepat. Sebab seiring pemakaian dan proses pencucian, warna pada bahan ini akan memudar.

Namun, di satu sisi hal ini justru menjadi karakteristik tersendiri bagi para pencinta denim. Sebab perpudaran warna pada denim membuatnya terlihat lebih unik dan memiliki daya tarik tertentu.

Harga Denim


Harga bahan denim sebenarnya cukup beragam. Kamu bisa mendapatkan penjual yang menawarkan harga denim mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per meter.

Ada beberapa faktor yang menentukan perbedaan harga ini. Mulai dari ketebalan bahan, jenis denim hingga bahan baku dalam pembuatan denim akan menentukan harganya.

Lihat juga : Bahan Tas Baby Ripstop

Adanya denim dengan harga tinggi ini juga membuat munculnya beberapa oknum nakal. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati agar tidak membeli denim mahal namun memiliki kualitas rendah bahkan palsu.

 

Penutup


Sebagai salah satu bahan yang menjadi pilihan favorit di industri fashion, denim merupakan pilihan tepat untuk pembuatan tas. Apalagi bahan ini memiliki daya tahan tinggi yang membuat tas tidak mudah rusak.

Untuk mendapatkan tas terbaik, tentunya kamu juga harus selektif dalam memilih tempat produksi. Jika kamu menginginkan tas denim kualitas terbaik, maka bisa mendapatkannya di OSCAS.

Dengan pengalaman dan profesional yang sudah teruji, kamu bisa mempercayakan bahan tas denim kepada OSCAS agar mendapatkan tas terbaik untuk berbagai keperluan.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini