Bahan Tas Blacu: Definisi, Karakteristik, dan Keunggulannya

Bahan Tas Blacu: Definisi, Karakteristik, dan Keunggulannya

Kain blacu banyak digunakan untuk bahan tas blacu. Padahal, kualitasnya rendah dan pilihan warna pun monoton, hanya putih gading. Mengapa? Simak ulasannya.

Bahan Tas Blacu: Definisi, Karakteristik, dan Keunggulannya

Kain blacu kini makin populer sebagai bahan untuk membuat berbagai produk kerajinan, terutama bahan tas blacu. Mereka memilih kain blacu sebagai bahan untuk membuat berbagai produk souvenir karena bahan ini punya kelebihan.

Oscas Indonesia ingin mengajak kamu menjadi mitra sukses kami dengan memesan produk tas blacu di Oscas. Untuk kamu yang baru ingin merintis usaha, kami pun siap membantu mengembangkannya.

Apa itu Bahan Tas Blacu?


Sebelum digunakan sebagai bahan untuk membuat tas blacu, kain ini hanya dimanfaatkan sebagai pembungkus gula atau terigu. Demikian juga, awalnya juga tidak terlalu menarik.

Namun seiring waktu berkembang, kain blacu banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis barang souvenir, terutama tas. Di pasar, bahan tas dari blacu makin kinclong karena punya banyak kelebihan dan dijual dengan harga terjangkau.

Karakteristik Bahan Tas Blacu


Dibanding jenis kain yang lain, bahan tas blacu termasuk yang paling rendah kualitasnya. Tidak heran jika dipasaran tidak banyak pilihan warna untuk bahan tas blacu. Umumnya hanya warna putih atau abu-abu.

Namun, warna yang cenderung alami dari tas berbahan blacu ini justru menarik banyak produsen. Kenapa? Karena bahan kain ini lebih mudah dibuat apa saja. Kamu bisa mengkreasikan sesuai keinginan kamu.

Tas dengan bahan kain blacu juga punya karakteristik lebih ringan. Sebab, blacu terbuat dari bahan dasar kapas. Kelebihannya, selain mudah dibentuk saat dijahit, bahan tas blacu juga bisa digunakan berulang kali.

Keunggulan Bahan Tas Blacu


Selain karakteristik diatas yang menunjukkan kelebihan dari bahan tas blacu. Apa saja keunggulan lainnya yang dimiliki bahan blacu?

1. Ramah Lingkungan


Keunggulan pertama dari tas blacu milik Oscas adalah bahan kainnya yang ramah lingkungan. Umumnya, bahan tas blacu terbuat dari bahan dasar kapas.

Dibuat dengan cara ditenun dan berwarna putih, membuat tas blacu ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan bahan tas yang terbuat dari bahan sintetis.

Satu lagi, kamu pun bisa langsung membuangnya ketika tas blacu kamu tidak lagi digunakan. Bahan tas blacu dari kapas pastinya tidak akan mengganggu kehidupan di sekitar karena sifat kapas yang mudah terurai di tanah.

2. Terasa Lebih Nyaman


Keunggulan yang lain dari bahan tas terbuat dari blacu adalah lebih terasa adem di kulit jika dipakai. Hal ini karena bahan blacu berasal dari kapas yang dipintal menjadi lembaran kain.

Di Indonesia yang punya iklim tropis tentu akan sangat nyaman jika menggunakan bahan yang terbuat dari bahan kapas, seperti blacu. Jadi tidak hanya adem namun juga terasa nyaman di kulit.

3. Lebih Fleksibel


Salah satu kelebihan bahan tas blacu adalah lebih fleksibel digunakan untuk membuat berbagai produk pakaian. Bahkan, dari pertimbangan beberapa produsen tas lebih memilih kain blacu karena bahan ini lebih mudah dalam penggunaan.

Lebih mudah dalam penggunaan dan lebih fleksibel. Kamu bisa dengan mudah membentuknya apapun dari kain blacu tersebut.

Baca juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

4. Harga Lebih Terjangkau


Tidak kalah penting dari kelebihan menggunakan kain blacu untuk membuat bahan tas adalah harganya yang cukup terjangkau untuk kamu yang baru ingin merintis usaha konveksi.

Sama seperti bahan tas yang lain, bahan tas miniso, misalnya, bahan blacu relatif  mudah terjangkau. Kini, bahan blacu menjadi pilihan orang yang ingin membuka bisnis usaha tas.

5. Aman untuk Semua Kalangan


Bahan tas blacu menjamin semua penggunanya selalu aman dan nyaman saat menggunakannya. Dengan menggunakan tas bahan blacu, semua kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa akan terjamin keamanannya.

Untuk beberapa kasus anak kecil yang memiliki masalah dengan kekebalan tubuh atau punya alergi tertentu, sangat recommended jika menggunakan bahan tas dari blacu yang sudah terjamin terbuat dari bahan alami.

Kelemahan Bahan Tas Blacu
 

Selain menyimpan sejumlah kelebihan, bahan tas blacu juga memiliki sejumlah kelemahan, antara lain:

1. Warna Monoton


Umumnya, kain blacu dipintal dari kapas murni dengan satu warna yaitu putih gading. Sehingga warna bahan tas blacu cenderung monoton atau hanya tersedia dalam satu warna.

Untuk kamu yang ingin menjadikan tas blacu sebagai pilihan usaha, juga harus pandai-pandai mendesain hasil produksi tas blacunya agar terlihat lebih menyenangkan.

2. Sedikit Kasar


Selain warna yang monoton, kelemahan bahan tas blacu yang lain adalah teksturnya sedikit kasar. Pada bagian tertentu kain blacu umumnya tampak kasar menyembul. Oleh karena itu, bahan kain blacu lebih dipilih untuk membuat tas ketimbang pakaian.

Penutup


Dari karakteristiknya, bahan blacu memang diakui yang paling rendah kualitasnya. Meskipun demikian, banyak pengusaha justru tertarik berbisnis di usaha kain blacu ini karena sejumlah keuntungan yang diperoleh dari bahan ini.

Namun, untuk kamu yang berminat membuka usaha konveksi, khususnya bahan tas blacu, sangat recommended jika kamu menghubungi mitra yang bisa membantu usaha kamu.

Siapa mitra yang bisa kamu hubungi? Jika pilihan kamu adalah bahan tas blacu, mitra usaha yang paling tepat kamu gandeng adalah oscas.id. Perusahaan konveksi ini sudah terbukti membantu banyak pengusaha untuk mengembangkan usaha konveksinya.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini