Tas Addict Wajib Tahu! Hal-hal Penting Seputar Bahan Tas PVC

Tas Addict Wajib Tahu! Hal-hal Penting Seputar Bahan Tas PVC

Jangan mengaku pecinta koleksi tas jika kamu masih juga mengabaikan info penting seputar bahan tas PVC yang produknya menjadi tren belakangan ini.

Tas Addict Wajib Tahu! Hal-hal Penting Seputar Bahan Tas PVC

Apabila kamu merupakan salah satu penggemar koleksi tas yang selalu up-to-date dengan tren, tentu kamu tidak asing dengan tren tas transparan yang populer beberapa waktu lalu. Nah, sebagian besar tas tersebut menggunakan bahan tas PVC.

Untuk mendapatkan informasi seputar bahan dari tas yang kamu gemari tersebut, kamu bisa menyimak informasi yang kami uraikan dalam poin-poin berikut ini:

Apa itu bahan tas pvc,


Apa saja kelebihan dan kekurangan bahan tas pvc, dan
Macam-macam bahan tas pvc yang populer di pasaran
 Apa itu Bahan Tas PVC?

Bahan tas PVC adalah material untuk membuat tas yang berasal dari polivinil klorida. Beberapa orang menyebut produk tas dari material ini dengan sebutan tas vinyl. Dalam material vinyl ini sendiri terdapat klorin sebanyak 57% dan karbon 38%, sedangkan sisanya berupa unsur-unsur kimia berkadar kecil.

Untuk menjadi material utama pada industri tas, ada proses pengolahan sedemikian rupa agar PVC memiliki tekstur yang lebih halus, meskipun masih tidak sehalus bahan tas lainnya. Meski masih agak kaku, material untuk tas ini tidak sekaku PVC untuk produk rumah tangga lainnya.

Material PVC pada awalnya muncul ketika ketersediaan material kulit asli tidak mampu memenuhi permintaan konsumen yang tinggi terhadap produk tas, sepatu, dan sebagainya.

Lambat laun, karena faktor lingkungan dan sebagainya, pembuatan material kulit sintetis dari PVC semakin berkurang seiring munculnya bahan PU leather yang lebih alami dan ramah lingkungan.  

Walau begitu, alasan di atas tidak lantas menyebabkan material PVC menghilang karena faktanya, industri produk rumah tangga lainnya masih sangat membutuhkan material ini. Bahkan, hingga saat ini produk tas berbahan PVC masih banyak peminatnya karena keunggulan yang tidak terdapat pada material lainnya.

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Nah, terkait apa saja keunggulan dari material PVC yang belum tentu ada pada material lainnya, jawabannya ada di poin berikut ini.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Tas PVC?

Salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan penting sebelum memilih dan membeli produk tas adalah kelebihan dan kekurangan dari materialnya. Nah, mempertimbangkan hal tersebut, berikut ini informasi mengenai kelebihan dan kekurang bahan tas PVC yang wajib kamu tahu.

Kelebihan Bahan Tas PVC


Material tas PVC memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

Ramah dengan Isi Kantong alias Budget-friendly. Karena keunggulan inilah banyak orang yang memiliki keterbatasan biaya memilih produk tas yang harganya lebih terjangkau.
Tahan terhadap Iklim dan Cuaca. Badan Pengawasan Konsumsi PVC di Eropa telah membuktikan bahwa material yang terkandung dalam PVC juga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca seperti panas, hujan, hingga paparan sinar UV. 
Kualitas Warnanya yang Bagus. Warna pada tas berbahan PVC juga telah teruji memiliki kualitas yang cukup baik dimana komponen warna tidak mudah memudar pada penggunaan normal setiap harinya.
Perawatannya yang Mudah. Material tas PVC cukup mudah dalam perawatannya. Ketika terkena noda minyak misalnya, cara membersihkannya tidak sesulit membersihkan noda pada tas kulit asli atau lainnya.
Kekurangan bahan tas PVC
Meskipun memiliki banyak kelebihan, bahan PVC memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yaitu:

Tekstur Kaku sehingga Sulit Dijahit. Meskipun telah mengalami pengolahan sedemikian rupa, material PVC untuk industri tas masih terasa kaku dan sulit untuk dijahit. Bahkan, kesalahan saat proses menjahit bisa meninggalkan bekas yang sulit diperbaiki. 
Kurang Ramah Lingkungan. Memang benar bahan PVC akan awet bahkan hingga 100 tahun kemudian, namun hal ini tidak menghilangkan fakta bahwa material ini masih memiliki kandungan kimia berupa klorin yang bisa mencemari lingkungan.
Karena beberapa kekurangan di atas, beberapa pihak mengupayakan solusi untuk mengatasi masalah yang ada. Misalnya, melakukan pengawasan terhadap pengalokasian limbah PVC.

Macam-macam Bahan Tas PVC yang Populer di Pasaran

1. PVC Leather


Sebelum munculnya PU leather, bahan tas PVC leather populer sebagai pengganti material kulit asli dari hewan seperti buaya, piton, dan sebagainya. Meskipun kini tidak sepopuler PU leather dari kulit sapi atau sejenisnya, material ini masih sering kita temukan pada tas, jam tangan, bahkan sampul buku.

2. PVC Transparan


Bahan lainnya yang menjadi favorit di pasaran adalah bahan PVC tas bening. Material yang satu ini sebenarnya memiliki dua jenis transparansi yaitu normal clear dan super clear. 

Beberapa waktu belakangan tas transparan dari bahan PVC sangat populer khususnya di kalangan wanita. Ada beragam produk tas transparan mulai dari tote bag, backpack, sling bag, handbag, hingga waist bag.

Penutup


Dari uraian di atas, kini kamu tentu bisa menentukan apakah bahan tas PVC bagus atau tidak. Saat ini memang banyak orang yang memilih membeli bahan tas PVC dan membuat DIY bag. Namun, jika takut salah jahit atau membentuk pola, tidak ada salahnya menghubungi yang lebih ahli, seperti oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini