Bahan Cordura VS Kanvas, Mana yang Lebih Cocok untuk Tas?

Bahan Cordura VS Kanvas, Mana yang Lebih Cocok untuk Tas?

Bahan Cordura VS Kanvas, Mana yang Lebih Cocok untuk Tas?

Memilih tas bukan hanya bagus secara penampilan, tetapi juga bahan yang digunakan. Ada banyak pilihan material, di antaranya yakni cordura dan kanvas. Dua jenis kain ini terkenal awet, tetapi mana yang lebih bagus antara bahan cordura vs kanvas? 

Apa Itu Kain Cordura dan Kanvas?


Kain cordura merupakan salah satu bentuk material tas yang terbuat dari campuran nilon semi sintetis. Proses pembuatannya pun secara kimiawi. Sementara kain kanvas berasal dari serat alami. Biasanya menggunakan kapas, katun, linen, atau jerami dengan campuran lilin. 

Baik cordura maupun kanvas memiliki serat kain yang sangat tebal dan rapat. Karakteristik tersebut membuat kedua jenis kain bahan tas ini kuat. Selain itu, cordura dan beberapa jenis kanvas juga bersifat anti air. 

Sebelum memilih membuat tas dengan bahan cordura, ada baiknya mengetahui kelebihan serta kelemahannya terlebih dahulu. Dengan begitu kamu juga bisa menyesuaikan kemungkinan penggunaan, serta perawatan rutin untuk menjaga kualitas tas.

Kelebihan dan Kelemahan Kain Cordura
 

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, kain cordura memiliki karakteristik fisik yang tebal dan rapat. Hal tersebut membuat tas dari bahan ini akan lebih kuat dan kokoh menahan beban.

Jika kamu mencari tas untuk kebutuhan outdoor, maka menjatuhkan pilihan ke bahan cordura adalah opsi yang tepat. Pasalnya, sifat bahan cordura tahan air sangat memungkinkan untuk aktivitas di luar ruangan. 

Bahan cordura tas memang memiliki berbagai warna pilihan. Namun, kain ini tidak cocok untuk metode printing. Alhasil, tampilan visual dari tas berbahan dasar cordura umumnya cenderung monoton.

Selain itu, karena tingkat kerapatannya yang tinggi, cordura tas sulit menyerap keringat, bahkan jika menggunakan lapisan. Maka dari itu, kain cordura cenderung panas untuk pemakaian jangka panjang. 

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Dengan karakteristiknya, harga bahan cordura dibanderol lebih mahal dari kanvas. Yakni berkisar Rp30 ribu per meternya, tergantung pada jenis bahan cordura yang akan kamu pilih.

Kelebihan dan Kekurangan Kanvas
 

Antara kedua pilihan, tas kanvas memang jauh lebih menarik. Pasalnya, tekstur permukaan kain kanvas cenderung lebih mudah sebagai media desain. Bisa printing hingga bordiran sekalipun.

Bahan tas kanvas juga cenderung kokoh untuk penggunaan sehari-hari. Lebih lanjut, tas berbahan dasar kanvas juga umumnya memiliki bentuk yang beragam, mudah dibawa ke mana-mana, dan ringan, serta kokoh.

Meski seratnya juga rapat, tas dari bahan kanvas tentu tidak sekokoh bahan cordura. Kelemahannya yakni mudah robek, terutama ketika tersangkut benda dengan ujung lancip.

Selain itu, tas berbahan dasar kanvas tidak semuanya waterproof atau tahan air. Lebih lanjut, kain kanvas cenderung mudah kotor dan tertempel noda, meski metode pencucian tertentu bisa menghilangkannya. 

Meski demikian, harga kain kanvas cenderung lebih miring. Tentu bergantung pada jenis kanvasnya, ya. Misalnya jenis kanvas blacu, bisa kamu dapatkan mulai belasan ribu saja per meternya. 

Bahan Cordura VS Kanvas, Mana yang Dipilih?


Tentu semua kembali pada kebutuhan masing-masing. Tergantung bagaimana produk nantinya kamu gunakan. Apabila pemakaian untuk aktivitas luar ruangan, maka bahan cordura lebih cocok.

Namun, jika ingin gaya kekinian yang lebih stylish dan tampilan variatif, maka kanvas merupakan pilihan tepat. Tentu dengan mempertimbangkan keamanan barang di dalam tas nantinya, ya.

Bahan cordura vs kanvas sama okenya. Di oscas.id, kamu bisa menemukan berbagai opsi kain pilihan kualitas terbaik, dengan harga yang bersaing. Klik contact di ujung kanan atas untuk pemesanan langsung.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini