Teknik Jitu Marketing Bisnis Tas untuk Pemula

Teknik Jitu Marketing Bisnis Tas untuk Pemula

sudah memilih menjadi pebisnis tas, ternyata urusan pemasaran masih terkendala. Mau tahu teknik marketing bisnis tas untuk pemula? Simak artikel berikut!

Teknik Jitu Marketing Bisnis Tas untuk Pemula

Kamu sudah memilih untuk menjadi pengusaha tas dan sudah menjalankannya. Namun, saat ini kamu terkendala untuk memasarkannya. Kira-kira bagaimana teknik marketing bisnis tas untuk pemula yang bisa menghasilkan? Simak terus artikel ini ya untuk tahu jawabannya.

Ini Dia Teknik Memasarkan Bisnis Tas untuk Pemula


Dalam ilmu marketing, ada dua cara dalam memasarkan produk yaitu branding dan sales. Kedua hal ini harus berjalan bersamaan agar memberikan hasil yang maksimal. 

Dan di era digital sekarang, kedua hal ini tidak hanya dilakukan secara offline namun juga online`. Bahkan saat ini, banyak pebisnis terutama pebisnis pemula lebih gencar memanfaatkan media online untuk memasarkan produknya. 

Cara-cara apa saja yang bisa kamu lakukan sebagai pebisnis tas pemula untuk memasarkan produk kamu? 

1. Teknik Branding Offline


Branding atau juga pencitraan produk merupakan cara kamu untuk memperkenalkan ke target pasar kamu tentang produk yang kamu punya. Branding juga akan memperjelas produk kamu berada di level yang mana. Apakah produk kamu untuk kelas bawah, menengah atau kelas atas.  

Beberapa cara yang digunakan untuk melakukan branding offline adalah : 

Memasang iklan papan reklame atau billboard di jalan-jalan utama.
Membagikan brosur atau leaflet di tempat yang mana target pasar banyak berkumpul.
Memanfaatkan jasa iklan di koran ataupun majalah.
Beriklan di televisi.
Menjadi salah satu sponsor di suatu event. Dengan ikut tampil pada salah satu event terutama event besar, produk akan cepat terkenal. 
Untuk kamu pebisnis tas yang baru mulai, pilihlah cara yang paling sesuai dengan target pasar dan tentunya budget pemasaran kamu. Jika kapasitas produksi kamu masih kecil, sebaiknya kamu hanya menggunakan iklan di koran atau pun papan reklame jalan. 

Namun jika kapasitas produksi kamu sudah besar dan bisa mensuplai hingga ke banyak daerah, kamu bisa memanfaatkan iklan televisi. Karena jangkauan televisi bisa ke seluruh penjuru negeri. Dan tentunya permintaan harus terpenuhi dengan kapasitas produksi yang besar.  

2. Teknik Branding Online

 

Di era digital ini, cara melakukan branding secara online lebih banyak digemari dan dilakukan para pebisnis. Terutama yang baru memulai bisnis tas. Karena teknik ini bisa kamu coba dengan budget yang minim. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk mem-branding bisnis tas kamu dengan cara online : 

Membuat sebuah logo sebagai langkah awal untuk memberikan ciri khas ataupun identitas terhadap produk kamu. Agar nantinya bila logo ini terpampang dan muncul di mana saja, masyarakat akan teringat pada produk kamu. 
Menggunakan sosial media yang saat ini memiliki banyak pengguna. Sebut saja Tik Tok yang merupakan sosial media nomor 1 dengan pengguna terbanyak mengalahkan Instagram. Kamu bisa memanfaatkan kedua platform tersebut untuk memperkenalkan produk kamu ke target audiens.
Membuat konten yang kreatif untuk memperkenal produk ke audiens yang akan di publish di platform Tik Tok dan Instagram. Untuk bisnis tas kamu, kamu bisa membuat short story video yang menghibur namun tidak melupakan unsur pencitraan pada produk tas yang kamu miliki. Jika kamu kesulitan di bagian ini, kamu bisa menyewa jasa profesional. 
Beriklan online di platform-platform di mana kamu memasarkan produk kamu secara online. Iklan ini akan membantu penyebarluasan konten kamu sehingga akan lebih banyak mendapatkan viewers yang kamu bisa harapkan bisa menjadi potential customers. 
Membuat website sebagai rumah usaha kamu secara online yang bisa menerangkan banyak hal tentang bisnis kamu. Tidak hanya tentang produk kamu saja, tapi citra bisnis kamu juga. 


3. Teknik Sales Offline


Setelah kamu memperkenalkan produk kamu ke target pasar baik secara daring maupun luring maka bersiaplah produk kamu mulai dicari untuk dibeli. Oleh karena itu, kamu harus bersiap untuk memikirkan teknik menjual tas untuk pemula yang efektif dan efisien. 

Cara menjual yang paling oldschool adalah dengan mendirikan store atau toko. Kamu bisa mendirikan beberapa toko sekaligus di berbagai tempat. Namun jika budget terbatas, kamu bisa membuka satu toko dulu. Bahkan untuk menghemat biaya, kamu bisa menyatukan tempat pembuatan tas dengan store sekaligus.

Jika kamu ingin memperbanyak cabang namun belum memiliki banyak modal. Kamu bisa mencoba dengan membangun sistem kemitraan usaha. Kamu bisa menawarkan kepada masyarakat untuk bergabung menjadi reseller produk kamu. Tentunya dengan beberapa syarat dan ketentuan. 

Baca Juga : Bahan Tas Yang Bagus dan Kuat

Hal ini akan menjadi cara yang paling mudah untuk memperbanyak cabang tanpa mengeluarkan modal yang besar. Namun, kamu harus membuat program kemitraan yang menarik agar banyak masyarakat yang tertarik. Jangan terlalu pelit atau serakah dalam membuat program kemitraan ini.

Berpikirlah bahwa mitra dan kamu bisa memiliki bisnis dan sama-sama memiliki keuntungan dari bisnis tersebut. Intinya kamu dan mitra sama-sama senang menjalani bisnis ini. Apalagi jika kamu bisa membangun komunitas yang erat ibarat keluarga. Ini akan menjadikan bisnis kamu cepat tumbuh dan berkembang. 

4. Teknik Sales Online


Mengikuti perkembangan zaman, kamu tidak boleh hanya berjualan secara offline. Kamu juga harus memanfaatkan beberapa platform untuk berjualan secara online. 

Kamu sebagai pebisnis tas baru harus bergabung ke salah satu e-commerce yang ada untuk membantu para pembeli yang ingin berbelanja namun tidak bisa langsung on the spot. 

Beberapa situs e-commerce dengan pengguna yang terbanyak yaitu Shopee dan Tokopedia. Kamu bisa memanfaatkan kedua platform ini untuk menjual produk-produk kamu.

Kamu bisa mengarahkan para audiens kamu yang ada di sosial media untuk berbelanja di toko kamu yang ada di situs e-commerce. Tentunya kamu harus membuat promo-promo menarik atau program gratis ongkir agar lebih bisa menarik pembeli lebih banyak.

Jangan lupa kamu juga harus memanfaatkan iklan di platform jualan ini. Tujuannya agar produk kamu lebih sering muncul sehingga lebih cepat dikenal oleh para audiens. 

Buatlah tampilan etalase yang menarik dan bonafid untuk meyakinkan calon pembeli bahwa toko kamu trusted. Dan jangan lupa kamu harus mengumpulkan beberapa testimoni dari pelanggan untuk lebih meyakinkan para calon pembeli agar segera membeli barang kamu. 

Mengikuti platform jualan ini, kamu harus menjaga reputasi toko dengan tetap menjaga kualitas produk kamu dan juga menjaga kualitas layanan. Seperti responsif saat pelanggan chatting untuk menanyakan ketersediaan atau spesifikasi produk kamu.

Rating produk kamu akan sangat mempengaruhi citra produk dan bisnis kamu. Kamu memang harus punya bagian khusus untuk mengelola ini. Karena bergabung dengan platform jualan online ini harus serius untuk menuai pembeli yang banyak.

Penutup


Memilih menjadi pebisnis tas pemula dan mengurusi mulai dari memproduksi hingga memasarkan tentulah tidak mudah. Ada banyak hal yang harus kamu pikirkan. Terutama menyangkut teknik marketing yang butuh banyak usaha agar berhasil. 

Oleh sebab itu, diperlukan keempat teknik marketing di atas untuk bisnis tas untuk pemula agar bisa menuai hasil. Jika kamu merasa kerepotan dengan memproduksi tas sendiri atau butuh tambahan produksi, kamu bisa memesan tas di oscas.id.

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini