Ada berbagai cara untuk berpromosi. Pasang iklan, sebar flyer atau buat merchendise. Tiap cara memiliki kelebihannya masing-masing. Bahkan bila memiliki budget besar, sebuah perusahaan dapat melakukan semua bentuk promosi tersebut.
Membuat media promosi dalam bentuk mug, T-Shirt dan tas tetap jadi cara jitu menanamkan sebuah logo dan merek pada benak pengguna dan siapa saja yang melihatnya. Bayangkan bila konsumen menyukai tas promosi yang perusahaan Anda berikan.
Ia akan mengenakannya kemana-mana. Bahkan tidak berkeberatan untuk terlihat di depan umum menggunakan tas dengan tulisan dan nama perusahaan yang bukan nama merek tas kenamaan. Yang dilakukan oleh konsumen itu adalah promosi berjalan yang tanpa biaya besar mempromosikan sebuah merek sekaligus meraih kepuasaan pelanggan dalam waktu bersamaan.
Lalu bagimana caranya membuat tas media promosi terbaik masa kini yang pasti digunakan oleh konsumen? Tasnya harus cukup bagus sehingga akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana caranya? Ikuti beberapa tips berikut ini.
Membuat Tas Media Promosi yang Kuat dan Berkesan
Ada tahapan untuk meraih sebuah loyalitas pada produk atau merek. Dimulai dari mengetahui, menyukai sampai setia. Untuk sampai tingkatan tersebut disinilah peranan tas sebagai media promosi. Berikut adalah beberapa cara menjadikan tas sebagai media promosi yang mengesankan.
1. Tas Berkualitas Bagus
Kalau tas promosi menarik tentu siapapun yang menerimanya akan pakai sehari-hari. Pastikan kualitas bahan dan pengerjaannya terjaga. Bila konsumen tidak bagus tentu tidak akan dipakai sama sekali.
Bila tidak bagus maka setidaknya tas tersebut harus bermanfaat. Bisa jadi tas besar yang menyimpang banyak barang, mungil yang lucu untuk menaruh benda-benda kecil.
2. Kerja Sama dengan Konveksi Tas Terpercaya
Dalam merancang tas media promosi terbaik perlu mengandalkan pihak yang berpengalaman dalam bidang tersebut. Seperti konveksi tas yang sudah membuat berbagai macam tas.
Anda perlu mencapai kerja sama yang komunikasif. Dengan sepakat dengan bentuk, jenis, desain, warna, ukuran, serta harga tas. Anda dapat mengandalkan konveksi tas untuk proses produksi tas media promosi dari awal hingga hasil akhir.
3. Singkat dan Jelas
Tas promosi yang akan benar-benar digunakan konsumen adalah yang bagus dan tidak terlalu ketara eleme promosinya. Tas tidak dipenuhi dengan deskripsi usaha dan produk yang terlalu detail. Cukup menyematkan nama, logo atau tagline. Hindari kalimat panjang yang membosankan. Siasati dengan kalimat singkat dan atraktif.
Gambarpun harus terlihat jelas begitu pula dengan logo. Ada bahan tertentu yang dapat melunturkan gambar atau logo setelah penggunaan tahunan. Hal ini dapat didiskusikan dengan konveksi tas yang akan membuatnya.
4. Warna dan desain yang menarik
Tas yang digunakan sehari-hari adalah yang matching dengan pakaian apapun. Selain itu design hendaknya cocok untuk digunakan ke berbagai kegiatan. Warna netral selain menonjolkan identitas perusahaan juga bisa blending dengan busana apapun.
Pastikan pemilikan warna kompatible dengan warna logo dan warna dari logo perusahaan yang akan dibuat jadi tas promosi. Biasanya warna hitam, putih atau merah menjadi pilihan umum untuk tas promosi yang cocok hampir dengan semua warna.
5. Sesuai Target Pasar
Tas promosi perlu menjangkau target pasar yang spesifik. Bila mentargetkan remaja maka tas yang praktis akan lebih cocok. Konsumen pria akan lebih suka dompet yang multifungsi. Atau kalangan ibu muda yang menyukai tas besar namun elegan.
Hal ini dapat dipenuhi dengan mengetahui konsumen dan calon konsumen yang ditargetkan. Karena, salah mendefinisikan pasar akan menyebabkan langkah Anda membuat tas media promosi akan gagal karena tidak dipakai sehari-hari oleh konsumen.
Fungsi Promosi Pada Tas Merchendising
Apa yang diharapkan dengan membuat tas sebagai media promosi? Bisa macam-macam mulai dari bran awareness sampai konsumen loyalitas. Tergantung dengan sudah berapa lama perusahaan berjalan. Bisa jadi pengenalan produk atau perusahaan, bisa juga mempertahankan merek bila sudah perproduksi untuk kurun waktu tertentu.
Tas sebagai media promosi memiliki beberapa fungsi yang berdampak pada kesadaran mereknya. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Memperkenalkan perusahaan
Tak kenal maka tak sayang. Kesuksesan sebuah perusahaan dari awal peluncurannya sangat bergantung dengan strategi promosinya. Perkenalkan perusahaan dengan melakukan peluncuran, mengundang para media dan memberikan media kit atau souvenir dengan nilai promosi. Dengan demikian baik produk maupun perusahaan sama-sama terpromosikan.
Untuk perusahaan baru, pembuatan tas promosi hendaknya dibuat lebih banyak dan dibagikan secara meluas sesuai targte pasarnya. Bila dibuat untuk anak sekolah bisa langsung diabagikan disekolah, bila mentargetkan anak kuliahan maka bisa mebagikannya dikampus dan pusat perbelanjaan. Lakukan promosi ditempatnya yang pas.
2. Memperkenalkan produk
Tas promosi dapat menggunakan nama perusahaan dan gambar produk unggulannya. Untuk event-event tertentu bahkan penyelenggara akan memberikan tas promosi dengan sample produk di dalamnya. Hal ini melengkapi promosi yang bisa langsung dicoba oleh konsumen atau calon konsumen.
3. Branding perusahaan
Fungsi lain dari mengeluarkan tas sebagai media promosi adalah sebuah branding perusahaan. Membagikan tas promosi sudah merupakan hal umum dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga masyarakat yang ditawarkan biasanya tidak menolak menerimanya. Cara ini juga menjadi alternatif promosi berjalan yang hemat. Kemanapun penggunanya memakai tas promosi tersebut dapat dilihat oleh orang-orang disekelilingnya.
4. Bermanfaat dan dipakai
Tas merupakan asesories yang bisa dipakai. Perhatikan sisi fungsional kala membuat media promosi. Rencanakan promosi dengan barang-barang yang digunakan sehari-hari dn dapat dilihat oleh orang lain. Hal yang sama berlaku juga untuk media promosi seperti kaos dan topi. Masa promosi tas tersebut berlaku selama tasnya masih digunakan.
5. Meningkatkan Penjualan
Walau tidak berpengaruh secara langsung namun setiap tindakan promosi tentu diharapkan berdampak pada penjualan. Setiap tindakan pemasaran atau promosi memerlukan analisa yang menentukan seberapa efektif kegiatan promosi tersebut. Kesadaran merek adalah suatu pengaruh dari promosi yang tidak dapat dirasakan langsung efeknya. Namun, untuk jangka pendek diharapkan menunjukkan nilai penjualan yang meningkat.
Tak Perlu Bingung Cari Produsen Tas Media Promosi Terpercaya. CV OSCAS Indonesia Siap Membantu Anda
Itulah beberapa manfaat menggunakan tas promosi/ promotional bags sebagai media promosi untuk branding perusahaan. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membuat tas promosi juga dapat diikuti langkah-langkah mudah untuk membuat tas promosi yang disesuaikan dengan berbagai strategi pemasaran dan branding.
Hal paling utama adalah menemukan perusahaan konveksi tas yang dapat diajak bekerja sama. Selain Anda dapat membuat tas promosi yang bagus dan sesuai kebutuhan. Memilih konveksi yang benar sangat berpengaruh pada kefektifan tas promosi sebagai media untuk mempromosikan produk atau branding perusahaan.
Konveksi tas Bandung CV OSCAS Indonesia menyediakan berbagai media promosi berkualitas. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam memproduksi berbagai tas untuk kebutuhan branding, product launching, gathering, promosi, seminar, pelatihan, dan kebutuhan lainnya.
OSCAS siap melayani pembuatan tas media promosi terbaik masa kini yang sesuai dengan target pangsa pasar yang diinginkan. Pembuatan tas mulai dari konsep sampai hasil akhir bisa dipercayakan pada perusahaan konveksi tas OSCAS. Mulailah berpromosi sekarang juga.