Memanfaatkan Seminar Untuk Branding Merek dengan Tas Promosi – Salah satu strategi pemasaran yang paling menghabiskan modal adalah promosi. Ada promosi yang berbayar, ada yang tanpa dipungut bayaran. Namun seringkali yang benar-benar efektif adalah yang perlu mengeluarkan sejumlah uang.
Jadi perlu memfokuskan pada jenis promosi yang memiliki dampak panjang pas dengan target yang dituju. Seperti membuat tas promosi untuk acara yang tepat. Menjadi sponsor dengan memberikan souvenir, merchendise atau voucher produk adalah hal cukup populer untuk targeting pasar secara spesifik.
Memberikan sample lengkap dengn tas media promosi adalah cara tepat untuk melakukan branding merek. Nama perusakaan bersama dengan produk atau jasa yang ditawarkan semua dapat diketahui konsumen atau calon konsumen dengan baik.
Branding Saat Seminar
Kapan Anda mendapatkan media promosi seperti tas beserta isinya? Saat seminar. Ketika orang berkumpul untuk mendengarkan esuatu yang menarik minatnya tentu pihak penyelenggara mencari sponsor sesuai dengan target pasar yang akan datang pada seminar.
Jadi moment tersebut sangat pas bila digunakan untuk melakukan brand awareness. Selain bersifat personal dan bisa mengarah ke loyalitas pengguna. Cara ini juga terbilang minim modal karena biasanya pihak lain yang mencari Anda.
Apa saja manfaat yang Anda dapatkan untuk melakukan media promosi disaat seminar? Simak penjelasan berikut ini.
1. Minim Modal Promosi
Memasang iklan di televisi atau sosial media, Anda perlu modal untuk menyiapkan materi dan membayar untuk ijin tersebut. Demikian pula dengan media cetak atau majalah. Beda dengan menjadi sponsor yang bisa dilakukan seminimal mungkin dengan membagikan media promosi.
Tentu tiap perusahaan dan penyelenggara memiliki ketentuan beragam mengenai hal ini, namun dengan dampak yang bisa berkelanjutan dengan harga yang perlu dikeluarkan. Bisa dikatakan siapapun sponsor akan dapat berpromosi dengan efektif.
2. Media Promosi Berjalan yang Hemat
Anda ingin promosi dengan keyakinan mencapai target yang pas. Memasang billboard, iklan koran atau televisi mentargetkan pasar secara random. Hal ini cukup untuk tahapan memberikan informasi tentang sebuah merek yang bergerak pada industri tertentu.
Branding menggunakan media promosi pada acara seminar mentargetkan pasar yang jellas dengan media yang bisa peserta gunakan. Kemanapun mereka menggunakannya maka nilai promosinya terus berjalan. Semakin loyal dengan pemakaiannya maka semakin lama nilainya.
3. Sesuai Target Pasar
Seminar ibu dan anak akan dihadiri oleh ibu yang memiliki anak. Begitu pula dengan seminar teknologi, parenting atau bahasa. Peminatnya cukup luas namun detail. Jadi membagikan media promosi untuk konsumen seperti itu sesuai dengan target pasar.
4. Brand Awareness
Menyadari keberadaan suatu merek disertai penjelasan singkat adalah fungsi diadakannya promosi saat seminar. Pangsa pasar mudah diberikan informasi dan seringkali sangat fokus saat hal ini dilakukan. Membagikan tas promosi diakhir acara adalah cara pas untuk menyudahi perkenalan suatu brand pada peserta seminar.
Mereka membawa pulang tas promosi yang diterimanya pada acara dan bila kualitasnya bagus tentu akan memakainya. Akhirnya tas souvenir dari seminar menjadi ajang promosi berjalan kemana-mana menyebarkan awareness pada khalayak.
5. Loyality Konsumen
Media promosi yang umum dibagikan saat seminar adalah tas promosi, notes, pulpen dan produk untuk sample. Semua dimasukkan ke dalam tas promosi, bisa full dengan logo perusahaan, bisa juga dengan embel-embel seminar. Apapun yang tertulis pada tas promosi, semua menandakan adanya sosialisasi merek pada acara tersebut.
Bila peserta seminar yang belum tahu tentang merek perusahaan, dengan sosialisasi waktu seminar setidaknya akan tahu. Bila mencari tahu lebih lanjut dan menjadi konsumen setia, maka aksi promosi ini bisa menghantarkan konsumen menjadi pelanggan setia.
Bila sudah menggunakan tas yang didapatnya saat seminar dan nyaman memakainya kemana-mana, Bisa jadi konsumen tersebut tidak keberatan diasosiasikan sebagai pengguna produk atau pelanggan loyal dari merek tersebut.
Menyadari besarnya dampak branding dengan tas promosi di acara seminar, perlu dicari tas promosi yang awet dan orang mau memakainya. Anda perlu cari cara untuk mendapatkan tas promosi yang berkualitas dengan bekerjasama dengan jasa konveksi tas yang berpengalaman dalam bidangnya.
Tas Promosi Untuk Branding di Acara Seminar
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat tas promosi di acara Seminar bila bertujuan untuk melakukan branding. Mulai dari desain yang khusus untuk memamerkan merek sampai proses pembuatan tas promosi yang berkualitas sehingga bisa jadi media promosi berjalan. Simak pembahasannya.
1. Desain Berkonsep Promosi
Anda pernah lihat tas promosi yang dibagikan saat seminar atau lokakarya? Umumnya cukup menaruh nama perusahaan atau produk unggulannya. Desain bisa simple agar terlihat elegan dan fokus. Namun bisa juga informatif dengan tambahan logo, slogan dan mungkin produk unggulan.
Anda perlu mendiskusikan konsep promosi yang ingin dituangkan pada tas promosi dengan perusahaan konveksi tas yang akan mengerjakannya. Kalau menggandeng perusahaan berpengalaman tentu bisa menyarankan desain yang paling berkesan dan efektif untuk promosi.
2. Singkat dan Padat
Sebenarnya cukup mudah memindahkan sebuah merek pada media promosi seperti tas. Anda tinggal memindahkan logo, nama dan mungkin moto perusahaan. Pemilihan warna dan font juga berpatokan pada desain perusahaan. Dengan demikian ada korelasi antara desain perusahaan dengan media promosinya.
Untuk branding pada acara-acara dengan target pasar khusus, sesuatu yang singkat dan padat justru lebih menarik. Selain itu, menjadi alasan untuk membuat desain simple dan tetap berkesan untuk dipakai sehari-hari.
3. Media Promosi Berjalan
Tas yang dibuat untuk kebutuhan promosi harus disesuaikan dengan identitas perusahaan dan pangsa pasarnya. Ingat dua hal ini ketika membuat media promosi. Karena perencanaan yang tepat akan menjamin kelancaran promosi, begitu pula sebaliknya. Pastikan target pasar akan menyukai desain tas promosi yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan, bukan hanya jadi tas tambahan sepulang dari seminar.
4. Model Tas Berkualitas
Tas seperti apa yang biasa Anda lihat pada acara-acara seminar? Bahan spungbond yang tipis dan murah. Namun, kekuatannya bisa cukup lama bila penggunaan sekedar untuk menaruh bekal makanan, notes, mukena dan hal-hal lainnya.
Penggunaan yang lebih tahan lama bisa berupa tas kosmetik dengan bahan tebal, tas laptop, tas ransel, tas sekolah atau dompet. Semakin berkualitas bahan maka semakin lama penggunaannya. Dengan demikian masa pakainya pun menjadi lebih lama. Jadi, pertimbangkan kualitas dan harga saat merecanakan media promosi untuk acara-acara seperti seminar dan sejenisnya.
Beberapa penjabaran di atas menyoroti tips untuk memanfaatkan acara untuk berpromosi. Perusahaan harus jeli melihat setia kegiatan untuk menjadi peluang branding. Hal sederhana seperti membagikan tas promosi bisa jadi kegiatan promosi yang hemat modal dan berkelanjutan.
Artikel lain : Berikut Tahapan dan Cara Membuat Tas yang Baik dan Benar. Simak Ya !
Ingin Memanfaatkan Seminar Untuk Branding Merek dengan Tas Promosi? Buat dengan OSCAS aja!
Semua dimulai dengan menggandeng perusahaan konveksi tas yang berpengalaman untuk membantu merek Anda terpublikasikan. Memilih jasa konveksi dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk mempromosikan produk atau branding perusahaan.
Konveksi tas Bandung CV OSCAS Indonesia telah berpengalaman membuat media promosi untuk berbagai kebutuhan branding. OSCAS siap melayani pembuatan tas media promosi sesuai pesanan dan keinginan klien. Pembuatan mulai dari desain sampai packaging bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan konveksi tas asli Bandung yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidangnya.