Berbisnis tas menjadi incaran bisnis masyarakat karena tak lekang oleh waktu, selain itu desainnya beragam dan dapat go internasional. Sejatinya, tas termasuk barang wajib yang dibawa kemanapun Anda pergi karena banyak manfaatnya. Walaupun berbisnis tas terlihat gampang, Anda wajib menguasai strategi dan budget usaha tas agar bisnis berkembang pesat. Butuh kegigihan dan jerih payah karena tak ada bisnis sukses secara instan.
Setiap pebisnis tas memiliki strategi pemasaran tersendiri sesuai dengan visi dan misinya. Untuk itu fokus pada bisnis tas yang ditekuni sehingga lebih cepat di terima masyarakat, tatkala Anda berbisnis tas custom maka fokus memasarkan tas custom sehingga perusahaan Anda memiliki ciri khas tersendiri. Tetapi tatkala memilih bekerjasama dengan vendor tas, carilah vendor yang sesuai dengan ciri bisnis tas Anda agar konsumen tetap puas dengan hasil tas.
Strategi Pemasaran dan Bujet Usaha Tas Agar Berkembang Pesat
Sekalipun pelaku bisnis bebas menentukan strategi sesuai jenis tas yang ditekuni, pastikan Anda menjadikan 7 strategi utama bisnis agar tidak kalah saing dengan bisnis serupa. Apalagi pebisnis tas tersebar di seluruh daerah dan memiliki keunggulan tersendiri, selain itu memiliki budget banyak diperlukan agar menunjang kesuksesan usaha tas. jangan sampai Anda lalai dan kalah saing. Berikut ada strategi pemasaran yang wajib dikuasai:
1. Mengetahui Target Pasar
Strategi dan budget usaha tas dikatakan berhasil tatkala Anda mampu mengenali target pasar Anda. Untuk memulainya, riset siapa saja yang menjadi target pasar agar lebih spesifik. Pasalnya jika target semakin spesifik peluang sukses pasti didapatkan, tatkala Anda menekuni tas distro maka dapat menargetkan kaum wanita di kalangan menengah, kalangan atas maupun wanita yang mengikuti tren fashion.
Tas distro yang kekinian dan selalu up to date pasti mereka cari, bahkan harga mahal tak menjadi masalah asalkan kualitasnya terjamin. Jalinlah interaksi dengan mereka dan buat mereka yakin usaha tas Anda terpercaya karena kualitasnya tidak diragukan lagi. Berikan reputasi usaha tas Anda sehingga mereka dapat melihat testimoni konsumen setia Anda, dijamin usaha tas pesat dan meraih omset besar.
Artikel lain : Wajib Tahu ! Inilah Kunci Rahasia Bisnis Tas Merek Sendiri
2. Memanfaatkan Sosial Media
Zaman digital ini sosial media menjadi media pemasaran ampuh dan kesuksesan semakin besar. Hal tersebut karena mayoritas masyarakat menggunakan sosial media, bahkan tidak terpaut usia. Selain itu sosial media membuat Anda dapat menjangkau luas calon konsumen di berbagai wilayah, bahkan bisa mencari pengguna luar negeri loh jika usaha tas Anda ingin go internasional.
Walaupun tampak mudah, Anda harus profesional memasarkan usaha tas secara online. Misalnya, tatkala Anda memasarkan produk tas menggunakan kumpulan foto atau video maka buatlah pengguna internet yakin tas Anda berkualitas dan memiliki ciri khas tersendiri. Dengan begitu peselancar internet mengenal produk tas Anda dan menjadi konsumen setia.
Anda sibuk dan tak sempat memasarkan koleksi tas di internet? Solusinya adalah berkolaborasi bersama influencer. Tugas influencer adalah memasarkan koleksi produk tas Anda di jejaring sosial maupun blog mereka dengan mendapat bayaran, sementara tugas Anda hanya memantau dan melayani konsumen yang influencer dapatkan. Hal tersebut termasuk promosi menjanjikan loh karena rata-rata influencer memiliki puluhan ribu pengikut dan akan menggunakan produk yang mereka kenalkan. Bisnis usaha tas Anda dijamin laris manis.
Pastikan budget mencupi untuk kebutuhan usaha tas Anda, jangan sampai budget minim karena menganggu kesuksesan bisnis. Disarankan tidak mencampuradukan pengahsilan dan budget bisnis dengan kebutuhan sehari-hari, tujuannya agar bisnis terarah dan tak bingung melakukan strategi agar bisnis berkembang.
3. Berikan Penawaran Gratis Secara Berkala
Bukan rahasia lagi produk gratis selalu diincar masyarakat, nyatanya hal itu menjadi strategi ampuh mengembangkan bisnis tas. Masyarakat pasti antusias mendapatkan tas gratis, apalagi jika tasnya cantik. Pasti semakin banyak peminatnya dan membuat Anda kewalahan, untuk menerapkan cara tersebut diperlukan strategi dan budget usaha tas yang tepat agar Anda tidak rugi. Bisa-bisa Anda sulit memproduksi tas jika salah melakukannya.
Cara yang dapat Anda lakukan adalah memilih stock tas yang kurang laku, disarankan memperbaiki desain atau kualitas agar masyarakat menganggap tas tersebut terbaru. Walaupun membutuhkan budget tetapi tidak besar, selai itu Anda dapat membuat tas baru yang desainnya cantik sehingga menarik perhatian. Dijamin usaha tas semakin lancar dan dipadati pembeli.
4. Memilih Tempat yang Strategis
Lokasi usaha tas patut diperhitungkan karena mempengaruhi bisnis Anda ramai pembeli atau tidak. Pastikan memilih tepat yang stategis sehingga masyarakat mudah menjangkau dari berbagai arah, pastikan lokasi berada di area jalan raya agar dilihat banyak orang.
Tatkala Anda menjual aneka tas sekolah, pilihlah lokasi di sekitar sekolaha atau area yang menjadi tongkrongan anak muda. Cara tersebut ampuh mendatangkan pembeli secara optimal, yang terpenting pelayanannya harus baik agar calon pembeli nyaman. Otomatis mereka menjadi pelanggan setia tas Anda.
5. Jalin Komunikasi Baik dengan Konsumen
Anda ingin strategi dan budget usaha tas tidak sia-sia? Caranya adalah menjalin hubungan atau komunikasi dengan konsumen. Perlakukan mereka seperti raja walaupun mereka belum membeli produk tas Anda, Anda harus meyakinkan bahwa koleksi tas Anda kualitasnya terjamin dan memiliki keunggulan tersendiri. Dengan begitu mereka tak ragu membelinya, bahkan bisa saja turut mempromosikan bisnis tas Anda ke khalayak ramai loh.
6. Berikan Bonus atau Insentif
Anda pasti sering mendapati perusahaan atau badan usaha memberikan bonus untuk pelanggannya, hal tersebut ampuh memperluas jaringan usaha tas Anda loh. Apalagi tas dibutuhkan kaum wanita dan laki-laki tanpa batasan usia, omset pun pasti tinggi karena usaha tas tak ada sepinya. Mulai dari tas acara-acara penting, tas sekolah, tas trens fashion wanita, tas slempang memiliki peminat optimal di seluruh daerah. Tugas Anda hanya memperluas usaha agar dikenal luas melalui strategi tepat agar usaha di terima masyarakat luas.
Mau Bisnis Tas Anda Laris Manis, Dapatkan Tas Berkualitas di CV. OSCAS Indonesia
Agar bonus tak membuat Anda rugi, berikan bonus secara berkala atau saat ada event bisnis Anda. Misalnya saat akhir tahun ada acara peluncuran desain tas baru, maka berikan bonus untuk konsumen setia yang satu tahunnya membeli tas paling banyak. Bahkan Anda bisa mengadakan pengundian konsumen setia dan nama yang keluar berhak mendapat bonus spesial. Pastinya konsumen semakin banyak dan omset mencapai puncak kesuksesan.
Menerapkan strategi dan budget usaha tas agar meraih kesuksesan membutuhkan kegigihan dan perjuangan yang berat. Sebagai pelaku bisnis wajib profesioal agar usaha tas yang dibangun diterima masyarakat, Anda dapat menerapkan ke 6 strategi diatas untuk kelangsungan bisnis.
Tak perlu bingung memulai usaha tas walaupun tanpa keahlian membuat tas. Anda dapat berkolaborasi dengan vendor tas untuk perkembangan bisnis. Selain itu kehadiran vendor membuat usaha tas lebih cepat berkembang, Anda dapat memilih OSCAS karena termasuk perusahaan konveksi tas di Jakarta dan kualitasnya terjamin. Selain itu produk tas kami beragam tersedia pemesanan tas custom partai kecil maupun besar, berkolaborasi dengan kami membuat usaha tas Anda semakin jaya.